Calon Pemilih Pemilu Menyusut


KARANGANYAR (MERAPI) – Jumlah pemilih pada pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) di Kabupaten Karanganyar, Juni 2018, diprediksi berkurang jika dibanding pemilu terakhir pemilihan presiden 2014. Perubahan jumlah penduduk dipengaruhi pindah domisili dan kematian.

“Hasil coklit (pencocokan dan penelitian) sudah keluar. Sekarang sedang disusun datanya dari PPDP (petugas pemutakhiran data pemilih) ke PPS (panitia pemungutan suara) kemudian ke PPK (panitia pemilih kecamatan) dan ke KPU. Secara umum, memang jumlahnya menurun dibanding pemilu terakhir. Jumlah pastinya belum. Hanya prediksi nantinya sekitar 600-an ribu pemilih di Pilkada 2018 di Karanganyar,” kata Anggota KPU Karanganyar Divisi Perencanaan dan Data, Nur Fatkurohman di kantornya, Selasa (20/2).

Ia menyebut, Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilpres 2014 di Karanganyar 688.635 orang. Pada saat coklit, KPU menerjunkan 1.721 PPDP yang bertugas selama sebulan, mulai 20 Januari-18 Februari 2018. Mereka menghimpun data calon pemilih pada Pilkada 2018 dari DPT Pilpres 2014 dengan Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilu (DP4). Jumlah petugas setara jumlah TPS di Karanganyar.

“Relatif tidak bermasalah saat petugas melakukan home visit. Hanya saja, awalnya ada yang mengundurkan diri yang akhirnya rekrutmen lagi. Sedangkan perubahan jumlah calon pemilih itu karena ia pindah ke luar kota atau meninggal dunia,” katanya.

Tahap selanjutnya, penyusunan daftar calon pemilih sampai 4 Maret 2018 di tingkat PPS. Sedangkan pleno penetapan DPS di KPU pada 9-10 Maret mendatang. Daftar calon pemilih sementara akan diumumkan ke publik sekitar bulan April. Dalam hal ini, masyarakat dipersilakan merespons. Misalnya namanya tidak terdaftar atau ingin mencabutnya. Nur mengatakan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil telah merekapitulasi jumlah calon pemilih pemula yang telah berusia 17 tahun maupun genap usia 17 tahun pada saat pencoblosan Juni mendatang. “Pemilih pemula jumlahnya 45 ribu. Itu sudah masuk bahan coklit,” katanya. (Lim)

Read previous post:
Bupati Sukoharjo Diusulkan Calon Penerima Kalpataru 2018

SUKOHARJO (MERAPI) - Pemkab Sukoharjo untuk kali pertama mengusulkan nama Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya sebagai calon penerima Kalpataru Tahun 2018.

Close