100 Pelajar SD-SMP Terima Bantuan Baznas

MERAPI-BAMBANG PURWANTO
Bupati Gunungkidul H Sunaryanta dan wakil penerima bantuan.

WONOSARI (MERAPI) – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) memberikan bantuan kepada 100 pelajar jenjang pendidikan SD dan SMP di Kabupaten Gunungkidul Kamis (10/6) kemarin. Bantuan secara simbolis diserahkan oleh Bupati Gunungkidul H Sunaryanta berupa uang totalnya mencapai Rp 81 juta. “ Bantuan pendidikan ini rutin dilakukan setiap tahun,” kata Ketua Baznas Kabupaten Gunungkidul Drs Tsaimin Fauzi,” Kamis (10/6) kemarin.

Menurutnya, bantuan ini bersifat sebagai pendukung untuk pemenuhan kebutuhan pelajar dan tiap tahunnya bantuan diberikan kepada ratusan pelajar yang berbeda. Karena itu pihaknya berharap nantinya jumlah instansi maupun lembaga yang terlibat dalam pemberian bantuan ini akan semakin banyak. Adapun dana bantuan dihimpun dari para pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul dan berharap agar bantuan seperti ini terus berjalan dan tentunya harus mendapat dukungan dari berbagai pihak,” imbuhnya.

Kepala Subbagian (Kasubbag) Perencanaan, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Gunungkidul, Sumarno mengatakan pihaknya memiliki Unit Pengumpul Zakat (UPZ) untuk menghimpun dana tersebut. Dana yang sudah dihimpun ini kemudian disetorkan ke Baznas Kabupaten Gunungkidul setiap 3 bulan sekali. Para pegawai mengumpulkan dana dalam bentuk zakat, infak, dan sedekah.”Setiap OPD, selain Disdikpora juga memiliki UPZ ini untuk menghimpun dana.Nantinya, dana sebesar Rp 81 juta tersebut akan disalurkan langsung pada pelajar. Tiap pelajar SD akan mendapatkan nominal Rp 500 ribu, sedangkan SMP sebesar Rp 750 ribu. “Bantuan ini tentunya bisa meringankan beban siswa yang mengalami kesulitan sarana dan kebutuhan pendidikan,” terangnya. (Pur)

Read previous post:
BTS Meal Picu Kerumunan Ojol, Satpol PP DIY Panggil 5 Pengelola McD

Close