Libur Lebaran Vaksinasi Jalan Terus

WONOSARI (MERAPI) – Selama liburan Lebaran, Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul tetap berupaya agar penanganan Covid-19 berjalan optimal dan pelaksanaan vaksinasi akan terus dilakukan. Kepala Dinkes Gunungkidul dr Dewi Irawaty MKes menyatakan hingga saat ini vaksinasi masih ditujukan pada petugas pelayanan publik dan sudah mencapai 46 persen petugas publik dan 12,6 persen kalangan lansia yang divaksin. Dengan demikian selama situasinya mendukung, proses vaksinasi tetap dilakukan “Pertimbangan yang akan kami lakukan yakni berupa ketersediaan dan kesiapan dari tenaga vaksinasi yang ada.

Sementara berkaitan dengan mudik lebaran, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul sudah mengatur agar setiap kalurahan menyediakan tempat isolasi mandiri (isoman) bagi pemudik yang terlanjur datang. Pihaknya juga sudah menyerahkan pengaturan tempat isoman ke pemerintah kalurahan dan pihaknya meyakini mereka lebih memahami kondisi wilayahnya masing-masing.”Dukungan dari Dinkes dilakukan lewat Puskesmas setempat, apakah perlu penanganan lebih lanjut (bagi pemudik),” imbuhnya.

Sementara Dinkes Kabupaten Gunungkidul mencatat jumlah wilayah Zona Hijau dari tingkat RT mencapai 89,9 persen. Saat ini masih terdapat 3 RT yang masih Zona Oranye dan tak ada yang berstatus Zona Merah. Terkait dengan pelaksanaan kegiatan Idul Fitri pihaknya meminta masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes). Adapun yang berkaitan dengan penyekatan pemudik sudah dilakukan tim terpadu yang melibatkan berbagai unsur bersamaan dengan pelaksanaan pengamanan kawasan perbatasan.

Terpisah, Kapolres Gunungkidul AKBP Agus Setiawan SIK sudah menginstruksikan seluruh bhabinkamtibmas di tiap kalurahan. Termasuk berkoordinasi dengan babinsa Kodim 0730 sesuai hasil koordinasi dengan Pemkab Gunungkidul, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro akan lebih dioptimalkan. Terutama selama masa Lebaran ini. Anggota bhabinkamtibmas sudah disiagakan untuk memantau para pendatang dari luar Gunungkidul. Termasuk dalam pelaksanaan isoman di tempatnya masing-masing.”Bhabinkamtibmas disiagakan dan berkoordinasi dengan seluruh elemen masyarakat setempat,” terangnya.(Pur)

Read previous post:
Rutan Bantul Gelar Apel Siaga

PAJANGAN (MERAPI) - Petugas Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Bantul bersama Kapolsek Pajangan, Kepala BNNK Bantul dan Danramil Pajangan

Close