Bupati Tebar Benih Ikan di Kawasan Utara

MERAPI-BAMBANG PURWANTO
Bupati H Sunaryanta menabur benih ikan di Nglipar.

.
NGLIPAR (MERAPI) – Bupati Gunungkidul H Sunaryanta melakukan tebar benih ikan wader di Bendung Kali Klayar, Kalurahan Kedungpoh, Kapanewon Nglipar, Senin (3/5). Tebar benih ikan yang varietas baru ini gencar dilakukan sebagai upaya cadangan pangan di tengah ketidakpastian pandemi Covid-19 yang belum berakhir di kawasan Gunungkidul zona utara. Sebelumnya Bupati H Sunaryanta juga melakukan tabur benih ikan di Kapanewon Ponjong, Panggang dan Semanu.
“ Kami berharap budidaya ikan bisa berkembang baik karena pada musim kemarau airnya tidak pernah kering,” kata Bupati H Sunaryanta.

Dikatakan bahwa wilayah utara Kabupaten Gunungkidul terdapat beberapa daerah yang memiliki potensi air yang cukup bahkan tiap terjadi kemarau panjang tidak pernah kering. Dengan demikian ke depan diharapkan usaha ini bisa berhasil dengan baik dan dapat berdampak terhadap akan kebangkitan ekonomi. Tentunya harapan ini jika pandemi Covid-19 sudah berakhir. Melalui dinas terkait pihaknya juga berencana berencana mengarahkan kunjungan wisata melalui ke daerah yang memiliki potensi perikanan untuk masuk ke wilayah Gunungkidul.
“Tebar benih ikan ini sebagai upaya ketahanan pangan dan berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat,” imbuhnya.

Program untuk kesejahteraan masyarakat khususnya kalangan petani dilakukan Bupati H Sunaryanta tidak hanya menyangkut masalah perikanan. Tetapi juga tanaman pangan dan sayuran bahkan saat ini di kawasan Pantai selatan juga dikembangkan tanaman holtikultura dan tenaman sayuran. Selain cabai dan bawang merah, tanaman holtikultura lain yang kini marak dibudidayakan adalah semangka dan melon. Lahannya berada di Wonosari, Paliyan, Nglipar, hingga Purwosari.
“Lewat berbagai upaya itu, saya yakin petani di kawasan selatan Gunungkidul bisa lebih sejahtera,” terangya. (Pur)

Read previous post:
PSG Pati Diliburkan Dua Pekan

PATI (MERAPI) - Punggawa Putra Safin Grup (PSG) Pati mendapat libur lebaran hingga 18 Mei. Tim baru akan kembali beraktivitas

Close