‘Bejo’ Sosialisasikan KIHT kepada Petani Tembakau Gunungkidul

MERAPI – ISTIMEWA
Sosialisasi cukai tembakau iris bagi industri kecil dan menengah di Gunungkidul.

GUNUNGKIDUL (MERAPI) – Bea Cukai Jogja (Bejo) sosialisasikan cukai tembakau iris bagi industri kecil dan menengah. Sosialisasi dilaksanakan pada 22 dan 26 April 2021 di Ruang Rapat Kelurahan Bendung, Kecamatan Semin, Kabupaten Gunungkidul.

Materi yang disampaikan terkait Ketentuan Cukai Tembakau Iris dan Kawasan Industri Hasil Tembakau. Sebelumnya juga ada materi terkait Roadmap Industri Tembakau di DIY yang dibawakan oleh Ir. Woro Sulistyaningsih M.Si, yang merupakan salah satu narasumber dari Dinas Perdagangan Provinsi DIY.

Tim narasumber terdiri dari pejabat dari Seksi PKC II dan PLI Bejo, yaitu Kepala Seksi PLI Joko Santoso dan PBC Ahli Pertama Seno Nugroho di tanggal 22 April 2021 kemudian Kepala Seksi PKC II Andrias Wurika dan PBC Ahli Pertama Indah Widyaning Ayu pada 26 April 2021.

“Kegiatan ini merupakan salah satu program yang didanai oleh DBH CHT, agar para petani tembakau juga mendapatkan pembinaan. Terima kasih kepada Disperindag Gunungkidul yang telah mengundang Bea Cukai Jogja sebagai narasumber, sehingga kami juga bisa memberikan sosialisasi langsung kepada para peserta pada kegiatan ini,” ucap Joko Santoso.

Masyarakat mengikuti kegiatan dengan sangat antusias. Dengan begitu, diharapankan usaha mereka dapat dijalankan dengan legal, aman, dan sesuai peraturan yang berlaku. Banyak pertanyaan yang disampaikan seputar pengemasan tembakau yg benar dan tata cara untuk bisa menjadi KIHT.

Adapun pemilihan Gunungkidul sebagai tempat sosialisadi karena daerahnya merupakan penghasil tembakau. Tempat diadakannya sosialisasi, Dusun Bendung merupakan salah satu penghasil tembakau terbesar di Gunungkidul. (C-4)

Read previous post:
PD DMI Bersama UPZ Kemenag dan Baznas Sukoharjo Salurkan Bantuan

SUKOHARJO (MERAPI) - Pimpinan Daerah Dewan Masjid Indonesia (PD DMI) Kabupaten Sukoharjo bersama Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) Kantor Kementerian Agama

Close