Disprindag Usulkan Tambahan Kuota LPG 3 Kg

WONOSARI (MERAPI) – Pada bulan ramadan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Gunungkidul akan melakukan penambahan jumlah pasokan elpiji tiga kilogram sebesar 4 persen dari ketentuan kuota selama ini. Kepala Seksi Distribusi, Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Gunungkidul, Sigit Haryanto mengatakan kuota gas elpiji 3 kg per hari di Gunungkidul mencapai 14.600 tabung. Atau perbulannya sebanyak 438.000 tabung dan berdasarkan data pemakaian diketahui masih mencukupi selama awal ramadan dan pada hari biasa saat ini.

”Meskipun begitu, pada akhir bulan menjelang lebaran kuota diperkirakan akan terjadi peningkatan pemakaian dan karena itu kita usulkan untuk penambahan jumlah katanya,” imbuhnya Jumat (16/4).

Selain langkah antisipasi usulan penambahan kuota tersebut juga didasarkaan atas kebutuhan masyarakat akan elpiji 3 kilogram yang setiap ada hari besar agama termasuk Hari Raya Idul Fitri selalu terjadi peningkatan pemkaian. Pihaknya berharap meskipun terjadi peningkatan tetapi tidak menimbulkan kelangkaan. Usulan penambahan kuota gas elpiji 3 kilogram ini dimungkinkan baru akan direalisasi pada awal Mei saat mendekati Hari Raya Idul Fitri. Denga tambahan kuota diharapkan bisa mencukupi kebutuhan masyarakat. Pasalnya tidak menutup kemungkinan menjelang lebaran permintaan akan mengalami peningkatan.

“Kita sudah usulkan kenaikan kuota elpiji 3 kilogram sebanyak 4 persen dari kuota harian,” imbuhnya,

Pemerintah menjamin untuk saat ini ketersediaan gas elpiji 3 Kg mencukupi selama bulan ramadhan dan lebaran. Selama ini data dalam permintaan gas elpiji setiap menjelang dan selama lebaran permintaan gas selalu naik karena konsumen lebih banyak. Hal senada juga dikatakan Sekretaris Disperindag Gunungkidul, Virgilio Soriano. Untuk menjaga pasokan gas elpiji pihaknya bersama dengan instansi terkait lainnya akan melakukan monitoring secara berkala. Sejauh ini stok pasar masih cukup. (Pur)

Read previous post:
Kasus Pencabulan 3 Bocah, Oknum Dukuh Menolak Ditahan

BANTUL (MERAPI) - Kejaksaan Negeri (Kejari) Bantul siap melimpahkan perkara dugaan cabul terhadap anak di bawah umur yang dilakukan YEC

Close