Girimulyo Angkat Air Bawah Tanah

MERAPI-ISTIMEWA
Lurah Girimulyo, Sunu Raharjo berada di lokasi yang akan digunakan untuk mengangkat air bawah tanah.

PANGGANG (MERAPI) – Kalurahan Girimulyo, Kapanewon Panggang mendapat bantuan alat untuk mengangkat air bawah tanah yang ada di Padukuhan Macan Mati. Bantuan dari Dompet Duafa Jakarta tersebut akan dimanfaatkan oleh warga di sekitar padukuhan setempat.

Lurah Girimulyo, Sunu Raharjo menjelaskan, pemerintah desa bersama tim dari Dompet Duafa sebelumnya telah melakukan survei lokasi sumber air tersebut. Berdasarkan hasil kesepakatan, sumber air di Padukuhan Macan Mati layak dinaikkan dan cukup untuk kebutuhan air bersih masyarakat.
“Sumber air itu cukup besar dan mampu mencukupi 100 kepala keluarga (KK) di Padukuhan Macan Mati,” ungkap Sunu di kantornya, Kamis (8/4).

Menurut Sunu, peralatan baik mesin penyedot, kabel listrik, paralon, pasir dan semen sudah berada di lokasi. Masyarakat hanya mengerjakan secara swadaya dalam pembuatan tempat water tower, memasang paralon serta mengejakan yang lainya.
“Semua alat sudah disiapkan. Kita tinggal bantu pengerjaanya,” ujarnya.

Saat ini, lanjutnya, proses menaikkan air masih dalam taraf pembuaan dua tempat atau landasan water tower berkapasitas 5.000 liter. Diperkirakan pekerjaan akan selesai pada akhir April mendatang. Sehingga saat musim kemarau warga sekitar tidak membutuhkan drooping air dari luar daerah seperti tahun-tahun sebelumnya. Atas bantuan tersebut, Sunu Raharjo atas nama Pemerintah Kalurahan Girimulyo sangat berterimakasih kepada Dompet Duafa atas bantuan alat penyedot air bagi masyarakatnya sehingga tidak ada lagi masalah kekurangan air saat musim kamarau.

Setelah selesai dalam pengerjaan, akan peresmian oleh Bupati Gunungkidul H Sunaryanta bersamaan dengan pekerjaan serupa yang ada di Kapanewon Semanu. (C-7)

Read previous post:
Sasar Wilayah Pedesaan, Satpol PP Sukoharjo Gelar Operasi Rokok Ilegal

SUKOHARJO (MERAPI) - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sukoharjo gelar operasi rokok ilegal dengan sasaran utama di wilayah pedesaan

Close