Harga Berbagai Kebutuhan Pokok Mulai Naik

WONOSARI (MERAPI)- Menjelang bulan ramadan sejumlah harga kebutuhan pokok di Kabupaten Gunungkidul mulai mengalami kenaikan dan tertinggi terjadi pada komoditas daging dan cabai. Harga daging ayam yang semula dalam kisaran Rp 28 ribu -Rp 30 ribu perkilogram saat ini naik menjadi Rp 32 ribu-Rp 35 ribu perkilogram. Sedangkan untuk daging sapi kualitas terbaik, kini dijual dengan harga Rp 130 ribu perkilogram yang sebelumnya hanya Rp 110 ribu perkilogram. Untuk cabai merah saat ini dijual dengan harga Rp 120 ribu dari harga sebelumnya Rp 80 ribu perkilogram. Sedangkan untuk cabai hijau, dijual dengan harga Rp 34 ribu yang sebelumnya hanya Rp 25 ribu perkilogram.

“Selain cabai dan daging harga telur juga mengalami kenaikan rata-rata tiap kilogram Rp 2 ribu-Rp 3 ribu,” kata Ny Sri Mulyani pedagang di Pasar Argosari, Wonosari, Rabu (7/4).

Sementara untuk harga bawang merah sdi Pasar Argosari, Wonosari dijual dengan harga Rp 30 ribu perkilogram, padahal sebelumnya hanya antara Rp 26 ribu-Rp 27 ribu/kilogram. Ditambahkan salah satu pedagang Pasar Argosari, Ny Sugiyanti kenaikan mulai dirasakan sejak seminggu terakhir, lantaran dipicu banyaknya permintaan dari pembeli sehingga menyebabkan stok yang ada berkurangnya .Selain itu, cuaca buruk yang terjadi dalam beberapa hari terakhir juma menyebabkan sejumlah petani mengalami gagal panen serta pengiriman dari daerah produsen berkurang. Dampak langsung yang dirasakan oleh para pedagang dengan kenaikan harga tersebut yakni menurunya daya beli masyarakat.

“Sekarang ini pedagang tidak berani menyetok barang karena takut rugi,” ucapnya.

Terkait dengan menjelang bulan Ramadan, Bupati Gunungkidul H Sunaryanta bersama Tim Pengendari Inflasi Daerah (TPID) melakukan kunjungan dan pengecekan stok kebutuhan pokok. Dari hasil pengecekan di Pasar Argosari untuk stok kebutuhan pokok selama bulan Ramadan diperkirakan mencukupi. Hanya saja menyangkut harga berbagai komuditas tertentu di pasaran realitasnya sudah mulai naik seminggu menjelang bulan Ramadan. (Pur)

Read previous post:
BI Kenalkan QRIS ke Pelaku Usaha Mandiri

KARANGANYAR (MERAPI) - Kemampuan berbicara di depan publik mendukung keberhasilan komunikasi bisnis. Selanjutnya, transaksi yang disepakati tak boleh berkendala. Dua

Close