Sunaryanta Siapkan Program Sapta Karya

MERAPI-BAMBANG PURWANTO
Suasana sertijab Bupati di Gedung DPRD Gunungkidul.

WONOSARI (MERAPI) – Bupati Gunungkidul Sunaryanta akan memajukan dan membangun daerah dengan fokus tujuh strategi dengan sebutan Sapta Karya, yang disampaikan saat serah Terima Jabatan (Sertijab) di Ruang Sidang DPRD Gunungkidul, Senin (1/3) kemarin.
Sertijab dilangsungkan dalam rapat paripurna terbuka yang dipimpin Ketua DPRD Gunungkidul Endah Subekti Kuntariningsih SE dan turut mendampingi Bupati Sunaryanta Wakil Bupati Gunungkidul Heri Susanto. “Kami telah menentukan 7 strategi demi mencapai visi-misi, yang kami sebut sebagai Sapta Karya,” katanya Sunaryanta mengawali sambutannya.

Dari ketujuh jurus Sapta Karya tersebut pihaknya menegaskan kembali tentang prioritas program kerja Sunaryanta-Heri Susanta antara lain fokus menguatkan ekonomi kerakyatan, pariwisata, dan investasi di Gunungkidul. Program penguatan ini nantinya akan didukung dengan pengembangan seni budaya serta pembangunan kawasan yang terintegrasi dan menjanjikan reformasi birokrasi dan tata kelola pemerintahan.Program strategis lain adalah upaya meningkatkan sumber daya manusia serta memanfaatkan sumber daya alam yang optimal. Pencapaian tujuan ini harapannya semuanya untuk kepentingan masyarakat yang lebih besar. “Jurus dan strategi ini harapannya dapat membawa Gunungkidul dengan hari esok lebih baik,” imbuhnya.

Bupati Sunaryanta mengaku terkait dengan pengguaan kendaraan kerja memang sengaja memilih mobil maung buatan PT Pindad karena buatan anak negeri. Selain itu, mobil semi militer itu cocok untuk wilayah dan kondisi geografi Kabupaten Gunungkidul yang banyak dijumpai jalan rusak maupun terjal. Mobil ini akan menjadi kendaraan dinasnya. Tetapi bukan berarti akan menampik penggunaan mobil dinas, tetapi penggunaan kendaraan dinas akan disesuaikan dengan kondisi wilayah.

Bupati Gunungkidul Sunaryanta juga menyatakan bahwa selama menjabat bupati tidak akan mengambil gajinya hingga tahun 2024 mendatang dan akan diserahkan kepada masyarakat. “ Gaji sebagai kepala daerah akan kami serahkan untuk kepentingan masyarakat,” ucapnya.

Sebelumnya Bupati Sunaryanta melangsungkan sertijab dengan Pelaksana Harian (PLh) Drajad Ruswandono yang dilantik Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X empat hari yang lalu di Bangsal Kepatihan Yogyakarta Jumat (26/2). Ketua DPRD Gunungkidul Endah Subekti Kuntariningsih SE menyampaikan selamat atas resminya Sunaryanta dan Heri Susanto menjabat sebagai Bupati dan Wabup. Dia berharap visi-misinyadapat terealisasi. Pihaknya juga berharap bupati dapat kerjasama lebih sinergi dalam menjalankan tugas pemerintahan di Gunungkidul. (Pur)

Read previous post:
79 Desa Status Hijau Persebaran Kasus Covid-19 Digelar Penyemprotan Massal

KARANGANYAR (MERAPI)-Dalam persebaran kasus Covid-19 di Karanganyar, sebanyak 79 desa berstatus hijau, 55 desa status kuning, 40 desa status oranye

Close