Pemkab Alokasikan Anggaran Penanggulangan 2021

WONOSARI (MERAPI) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyiapkan anggaran penanggulangan bencana alah pada tahun anggaran 2021 sebesar Rp 235 juta. Anggaran dialokasikan untuk logistik dan permakanan sebesar Rp 75 juta, bantuan stimulan bagi masyarakat dan fasilitas umum senilai Rp 100 juta termasuk anggaran untuk sewa alat berat mencapai Rp 60 juta. “Dalam pelaksanaan nanti kami akan terapkan skema prioritas, di mana lokasi yang lebih membutuhkan penanganan,” katanya Jumat (26/2).

Diakuinya bahwa anggaran yang dialokasikan tergolong terbatas untuk penanganan dampak bencana dengan jumlah personel siaga hanya terdapat 24 orang dan belum sebanding dengan luasan wilayah serta karakteristik bencana jika disesuai dengan zona kerawanan. Sehibgga jika dampak yang timbul tergolong tinggi maka personel akan diterjunkan dengan tetap mempertimbangkan skala prioritas. Namun jika berpotensi rendah kerawanan, maka penanganan diserahkan ke relawan serta pemerintah kalurahan setempat.Selain banjir Kabupaten Gunungkidul masih harus berhadapan dengan potensi bencan lain seperti longsor dan pohon tumbang. Karena itu berbagai langkah antisipasi terus dilakukan untuk menekan terjadinya bencana alam.”Pohon-pohon di jalan utama kami pangkas, di beberapa titik ada upaya pembersihan sungai dan saluran air,” ujarnya.

Untuk pemetaan kawasan rawan bencana sudah dilakukan dan akan terus diupdate untuk wilayah rawan longsor meliputi Kapanewon Patuk, Gedangsari, Nglipar, Semin, Ponjong, Ngawen dan Kapanewon Ponjong. Rawan banjir sepanjang bantaran sungai Oya, meliputiKapanewon Semin, Ngawen, Nglipar, Karangmojo, Gedangsari, Patuk, Playen. Wilayah tengah Kapanewon Wonosari dan Semanu, wilayah selatan Kapanewon Girisubo, Tepus, Tanjungsari, Saptosari, Panggang dan Purwosari. Terkait hal itu pihaknya tetap berharap kesadaran masyarakat akan potensi bencana terus ditingkatkan. Terlebih saat ini sudah lebih dari 60 kalurahan tangguh bencana dibentuk. “Kewaspadaan agar terus dilakukan agar terhindar dari bencana alam,” pungkasnya. (Pur)

Read previous post:
Bupati-Wakil Bupati Sleman Segera Divaksin

SLEMAN (MERAPI) - Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman mengagendakan pemberian vaksin bagi Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo dan Wakil Bupati Sleman

Close