Bupati Luncurkan E-Ticketing di TPR Baron

MERAPI-BAMBANG PURWANTO
Peluncuran E-Ticketing di Gunungkidul.

WONOSARI (MERAPI) – Pemkab Gunungkidul meluncurkan layanan tiket elektronik (E-Ticketing) berlangsung di Pintu Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Baron, Kemadang, Tanjungsari Selasa (26/1). Peluncuran dilakukan langsung Bupati Gunungkidul Hj Badingah S Sos dihadiri Wakil Bupati Gunungkidul Immawan Wahyudi dan kepala dinas terkait.
“E-Ticketing diluncurkan saat momen yang tepat. Pasalnya transaksi dilakukan secara non-tunai, sehingga kontak langsung bisa diminimalisir dan salah satu upaya penegakan protokol kesehatan (prokes) di situasi pandemi Covid-19,” katanya.

Menurut Bupati Gunungkidul Selain terkait prokes, layanan E-Ticketing menyesuaikan tren pembayaran non-tunai alias cashless. Sebab metode ini dianggap lebih mudah dan cepat, khususnya bagi wisatawan.Ia pun berharap E-Ticketing di TPR Baron bisa dimanfaatkan secara optimal oleh petugas hingga wisatawan. Sekaligus mengoptimalisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) kabupaten Gunungkidul dari sektor pariwisata
“Tentunya layanan ini terwujud berkat dukungan dari berbagai pihak,” kata Badingah.

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul Asti Wijayanti mengatakan saat ini layanan baru bisa diakses di TPR Baron. Sedangkan TPR lain akan segera menyusul.Sesuai perjanjian kerjasama layanan akan disedikan di Pos Retribusi Baron sampai (pantai) Pok Tunggal.
Ada dua metode pembayaran. Pertama dengan memindai barcode yang tersedia di TPR, kedua memesan tiket lewat situs resmi http://ewisata.gunungkidulkab.go.id. Perjanjian kerjasama dengan bank penyedia layanan sudah diteken sejak Desember 2019 lalu. Namun karena pandemi, peluncurannya jadi tertunda dan baru terlaksana. saat ini. (Pur)

Read previous post:
Positif Coroan Tambah 325, Pasien Sembuh 311

Close