SELAMA LIBURAN NATAL: Seluruh Obwis di Gunungkidul Sepi Pengunjung

MERAPI-BAMBANG PURWANTO
Pantai Krakal Tanjungsari lengang.

WONOSARI (MERAPI)–Sejumlah obyek wisata pantai selatan Kabupaten Gunungkidul terpantau sepi selama 2 hari liburan Natal 2020. Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul, Harry Sukmono mengatakan pada hari pertama libur kamis (24/12) jumlah wisatawan hanya mencapai puluhan yang mengunjungi sejumlah pantai. Begitu juga untuk obyek wisata lain juga tidak seramai pada liburan akhir tahun dan hal terebut akibat terdampak pandemi Covid-19. “Pada libur hari Natal ini aktivitas wisata juga tidak seramai pada hari biasanya,” katanya Jumat (25/12).

Meskipun di sejumlah Obwis terpantau sepi, tetapi pihak dinas, dan tim gabungan dari SAR, Pol PP, TNI, Polri dan lainnya tetap bersiaga di kawasan yang telah ditentukan. Menurutnya, kemungkinan lonjakan pengunjung baru akan terjadi mulai Sabtu (26/12) hari ini. Pihaknya tetap memberikan imbauan kepada masyarakat untuk berwisata sehat, menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah.Disinggung mengenai faktor sepinya obyek wisata Harry tidak mengetahui secara pasti. Apakah banyak orang yang memilih liburan di rumah karena isu yang berkembang harus disertai hasil rapid test antigen atau ada faktor lain.“Kami juga belum tahu penyebabnya tetapi kami tetap siaga di obyek wisata,” imbuhnya.

MERAPI-BAMBANG PURWANTO
Pantai Pulangsawal (Indrayanti) sepi Pengunjung.

Sebagaimana diketahui, pemerintah telah menyepakati untuk libur Nataru ini target kunjungan wisatawan sebanyak 204.822 orang dengan jumlah pendapatan asli daerah sebesar Rp 1,54 miliar. Dengan rincian dari kunjungan dan pendapatan diantaranya mulai Kamis 24 Desember sampai 31 Desember 2020 ditargetkan 147.067 dengan pendapatan sebesar Rp 1,1 miliar. Kemudian pada pergantian tahun mulai 1 Januari sampai 3 Januari tingkat kunjungan ditargetkan sebanyak 57.765 orang dengan pendapatan Rp 439,5 juta.

Sementara itu untuk obyek wisata Gunung Api Purba Destinasi Gunung Api Purba Nglanggeran dan Embung Nglanggeran, Kapanewon Patuk, Gunungkidul, ditutup saat malam Natal dan malam pergantian tahun pada 31 Desember 2020. Kepala Bidang Pemasaran Pokdarwis Gunung Api Purba Nglanggeran Heru Purwanto mengatakan, destinasi Gunung Api Purba, Embung Nglanggeran, Kedung Kandang, dan Kampung Pitu, ditutup saat malam Natal dan malam pergantian tahun. (Pur)

Read previous post:
Corona Melonjak, dalam Sehari 12 Pasien Meninggal

Close