Bawaslu Perpanjang Lagi Pendaftaran PTPS

WONOSARI (MERAPI)–Meskipun sudah dilakukan perpanjangan waktu pendaftaran, tetapi kuota pendaftar Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) di 13 kapanewon di Kabupaten Gunungkidul belum terpenuhi. Terkait dengan hal itu Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Gunungkidul kembali memperpanjang waktu pendaftaran hingga Senin 26/10) hari ini. “Dari sebanyak 18 Kapanewon baru 5 yang sudah terpenuhi,” kata Komisioner Bawaslu, Rini Iswandari Minggu (25/10).

Waktu perpanjangan untuk pendaftaran kembali diberlakukan mulai Jumat (23/10) sampai dengan Senin (25/10). Sedangkan 5 kapanewon yang sudah terpenuhi yakni Kapanewon Tepus, Nglipar, Panggang, Wonosari, dan Gedangsari. Sehingga saat ini masih membutuhkan 820 pendaftar lagi.
Jika setelah perpanjangan kedua ini kuota belum juga terpehuhi, Bawaslu terpaksa tidak menambah waktu pendaftaran. Nantinya para pemdaftar ditempatkan secara random atau dibagi jika ada kapanewon yang pendaftarnya melebihi diratakan ke kapanewon yang kuotanya kurang. Untuk jadwal pengumuman hasil seleksi akan dilakukan pada 11 November 2020. Sedangkan pelantikan secara serentak seluruh Indonesia pada tanggal 16 November 2020 mendatang. Untuk proses seleksinya dilakukukan terbuka dan akuntabel, mereka yang mendaftar juga akan melakukan pemeriksaan rapidtes dan nama namanya akan dipublikasikan untuk mendapat masukan dari masyarakat.

Selain PTPS, kuota pendaftaran bagi calon anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) juga mengalami kekurangan. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul semula juga melakukan perpanjangan masa pendaftaran. Setelah dilakukan perpanjangan waktu pendaftaran akhirnya kuota jumlah pendaftar dapat terpenuhi sebanyak 13.300 KPPS . (Pur)

Read previous post:
BMKG Pasang Radar Tsunami di Pantai Parangtritis Bantul

BANTUL (MERAPI) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta telah menempatkan radar tsunami di kawasan Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul,

Close