Taman Budaya Gunungkidul Selesai Akhir Tahun 2020

WONOSARI (MERAPI) – Pembangunsn gedung Taman Budaya Kabupaten Gunungkidul dengan anggaran Rp 168 miliar dipastikan akan selesai akhir tahun 2020. Hingga memasuki minggu ke tiga bulan Oktober ini pembangunan gedung tiga lantai dengan anggaran dari Dana Keistimewaan ini sudah mencapai 93 persen. “Harapan kita dapat selesai akhir tahun ini dan sudah bisa digunakan mulai tahun 2021 mendatang,’ kata Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (DPUPRKP), Agus Subaryanto, Rabu (21/10)

Pembangunan gedung yang akan dijadikan lokasi untuk aktivitas budaya di Gunungkidul tersebut merupakan target multi years sejak 2018 lalu, mulsi awal pembebasan lahan dan pembangunan pondasi pada 2018 lalu menghabiskan anggaran Rp 15 miliar. Sementara memasukki tahun 2019, anggaran yang dikeluarkan sebesar Rp 59 miliar dan tahun ini sekitar Rp 70 miliar. Sebenarnya proses pembangunan sarana budaya ini waktu penyelesaian gedung maksimal ditarget pada bulan Juni 2021. Namun pihaknya memperkirakan pembangunan rampung pada akhir 2020.” Saat ini tinggal proses finishing dan sudah hampir selesai,” Imbuhnya.

Sementara itu, Kasubag Administrasi Pembangunan Kabupaten Gunungkidul, Eko Nur Cahyo mengatakan, pihaknya secara rutin sudah melakukan evaluasi dan monitoring terhadap progress pembangunan yakni setiap dua Minggu sekali. Untuk mempersiapkan beroperasinya Taman Budaya Gunungkidul, Pemkab juga sudah membuka sejumlah formasi Tenaga Harian Lepas (THL). Adapun THL yang dibutuhkan semester kedua tahun ini berjumlah 17 formasi untuk Taman Budaya Gunungkidul yang sudah hampir jadi tersebut. Meliputi 17 formasi dibagi menjadi delapan ketugasan. Ketugasan tersebt meliputi plumbing dibutuhkan 3 orang, mekanikal dan elektrikal dibutuhkan 3 orang, petugas keamanan enam orang, operator genset dan sound 1, operstor lighting 1 orang, operator audio visual 1 orang, peniti wayang 1 orang dan juga peniti gamelan 1 orang.“Saat ini sudah selesai Tes Kompetensi Dasar tinggal Seleksi Kompetensi Bidang,” terangnya. (Pur)

Read previous post:
Pengedar Upal Sukses Kelabui Penjual Udang, Gagal Tipu Bakul Mi

Close