Tak Kenakan Masker, 40 Warga Kena Sanksi

MERAPI-BAMBANG PURWANTO
Ooerasi yustisi protokok kesehatan di Gunungkidul

WONOSARI (MERAPI) – Satuan Polisi Pamong Praja, Polres dan Kodim 0730 Gunungkidul menggelar Operasi Yustisi Protokol Kesehatan Covid-19 dan penegakan Perbup No 68/2020 di sejumlah pusat konsentrasi massa Selasa (15/9).
Kegiatan tersebut melibatkan 40 personel melibatkan Polri, TNI, dan 25 Anggota Sat Pol PP. “Pada hari pertama operasi dilakukan terdapay sebanyak 40 warga dikenai sanksi teguran dan 9 sanksi sosial,” kata Kasubag Humas Polres Gunungkidul Iptu Enny Widyastuti Selasa (15/9).

Kegiatan ini dilaksanakan selain bertujuan untuk sosialisasi Perbup no 68/2000 juga penerapan disiplin penanganan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 di Wilayah Kabupaten Gunungkidul.
Sedangkan sasaran operasi tersebut adalah masyarakat yang tidak mengenakan masker, termasuk saat berkendara kendaraam bermotor akan dikenakan sanksi. Sanksi yang diberikan mengacu pada Peraturan Bupati Gunungkidul Nomor 68 tahun 2020 tentang adaptasi kebiasaan baru protokol kesehatan pencegahan Covid-19. “Dari kegiayan yang kita laksanakan ternyata masih relatif banyak masyarakat yang tidak menenakan masker,” imbuhnya.

Terpisah Koordinator lapangan tim operasi gabungan Sugito mengatakan, hari ini ada 40 petugas gabungan yang diterjunkan untuk melakukan sosialiasi kepada masyarakat. Mereka melakukan penyisiran terhadap masyarakat yang tidak mengenakan masker dimuka umum di Kapanewon Wonosari, dan Playen. Sedakan sanksi yang diberikan kepada masyarakat yang tidak menggunakan masker seperti bela negara dan sanksi sosial lainnya.”Yang terpenting penekannya menyadarkan masyarakat mengenakan masker saat keluar rumah, untuk melindungi diri sendiri, juga orang lain,” terangnya. (Pur)

Read previous post:
PMI Sleman Siapkan Anjungan Mandiri Donor Darah

SLEMAN (MERAPI) – Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Sleman akan membuat terobosan baru bagi pendonor aktif yang telah menjadi anggotanya.

Close