SELAMA PANDEMI COVID-19 – BLT Tahap Kedua Dicairkan Juli-September

Ilustrasi

WONOSARI (MERAPI) – Rencana memperpanjang pemberian Bantuan Langsung Tunai (BLT) ke masyarakat selama pandemi Korona untuk tiga bulan ke depan ditindaklanjuti oleh Pemerintah Kabupaten Gunungkidul. Sesuai dengan rencana, pemberian BLT tersebut berlaku untuk periode kedua dan akan diberikan pada bulan Juli, Agustus, dan September. “Besaran bantuan tersebut berbeda dengan sebelumnya yakni hanya sebesar Rp 300 ribu rupiah,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (DP3AKBPMD) Gunungkidul, Sujoko MSi, Rabu (1/7).

Dasar perpanjangan Pemberian BLT ini sesuai dengan surat yang telah dikeluarkan sebagai tindak lanjut dari surat Peraturan Menteri Keungan (PMK) nomor 50 dan Permendes nomor 7.

Surat rekomendasi yang telah ditandatangani itu akan segera disebarluaskan ke seluruh Pemerintah Kalurahan. Dalam aturan PMK dan Permendes itu menyebutkan, penyaluran bantuan ini bersifat wajib dilanjutkan bagi kalurahan yang dana desanya masih mencukupi. Dalam aturan itu juga disebutkan, sasaran penerima bantuan bisa sama dengan data penerima pada periode sebelumnya dan bisa diganti dengan penerima baru.
“Jumlah penerima bisa sama, bisa bertambah atau berkurang. Tergantung dengan kondisi masyarakat bagaimana, apakah masih banyak yang belum mendapatkan bantuan atau tidak,” imbuhnya.

Sedangkan terkait dengan pemanfaatan dana desa tahun 2020 ini, masih fokus dalam penanganan Covid -19 sesuai dengan arahan pemerintah pusat. Dana desa yang dimiliki, kemudian dikurangi penyaluran BLT periode pertama dikurangi lagi penanganan stunting dan perencanaan 2021. Dari situ, anggaran yang menentukan berapa jumlah BLT periode dua yang bisa disalurkan. Untuk penyaluran BLT periode 2 tersebut penanganan stunting dan perencanaan 2021 yang diutamakan. Nanti kalau ada sisa disesuaikan lagi dengan kondisi lapangan,” ucapnya. (Pur)

Read previous post:
10 Warga Terima SIM Gratis HUT Bhayangkara

WONOSARI (MERAPI) - Polres Gunungkidul menggratiskan sepuluh pemohon Surat Izin Mengemydi (SIM) yang lahir pada tanggal 1 Juli bertepatan dengan

Close