Pilkada 9 Desember 2020 Berpotensi Tambah Jumlah Pemilih

WONOSARI (MERAPI) – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Gunungkidul yang akhirnya diundur akibat pandemi korona dan terjadwal pada Rabu 9 Desember 2020 mendatang berpotensi jumlah pemilih meningkat. Jadwal semula akan digelar pada bulan September 2020, dengan mundurnya tiga bulan pelaksanaan diperkirakan menambah jumlah pemilih pemula berumur 21 tahun. “Dari petugas nantinya akan melakukan pencermatan kembali mengenai data-data baru untuk pemilih tambahan karena faktor usia memenuhi syarat untu mengikupi pemilihan tersebut,” kata Ketua KPU Gunungkidul, Ahmadi Ruslan Hani Senin (22/6).

Saat ini persiapan dan tahapan yang sempat tertunda akibat pandemi telah kembali dilanjutkan baik oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul maupun dari Bawaslu Gunungkidul. Dengan mundurnya pelaksanaan Pilkada beberapa waktu ini pihaknya telah menerima daftar tambahan pemilih dari Kemendagri. Daftar tersebut diambil dari salinan data penduduk yang berpotensi menjadi pemilih. Mereka itu adalah penambahan pemilih usia 17 tahun sampai dengan tanggal 9 Desember 2020. Data semula jumlah pemilih potensial Pilkada 2020 mencapai 612.295 jiwa, dengan mundurnya pelaksanaan Pilkada jumlah pemilih akan bertambah. “Semua sedang berproses dan nantinya diharapkan asa akurasi untuk tambahan data
Baru,” imbuhnya.

Sementara untuk tahapan pelaksanaan Pilkada Kabupaten Gunungkidul yang sempat terhenti akibat terdampak pandemi korona akan dilanjutkan kembali. Hal tersebut mengacu setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara resmi memutuskan bahwa jadwal pelaksanaan pilkada akan diselenggarakan pada Rabu, 9 Desember 2020 mendatang. Proses pasangan calon perseorangan untuk verifikasi faktual di tingkat desa/kelurahan akan dilaksanakan lagi selama 14 hari sejak dokumen syarat dukungan bakal pasangan calon diterima oleh PPS .Verifikasi pasangan perseorangan dilaksanakan Rabu (24 /6 sampai Minggu 12/7 ) dan pengumuman pendaftaran pasangan calon akan dilaksanakan pada Jumat 28 Agustus hingga Kamis 3 September 2020 dilanjutkan pendaftaran pasangan calon jumat 4 September sampai dengan Minggu 6 September 2020, revisi persyaratan calon hingga pemeriksaan kesehatan. Penetapan dan pengundian nomor pasangan calon pada Rabu 23 September 2020. Masa kampanye akan dilaksanakan mulai Sabtu 26 September hingga Sabtu tanggal 5 Desember 2020. (Pur)

Read previous post:
Bawaslu Bantul Tidak Mendapat Tambahan Anggaran

Close