Edu Expo 2020

DR IR H WAHYU PURWANTO MSIE


ANAK-ANAK muda kreatif asal Gunungkidul rencananya pada 5 Januari 2020 akan menggelar Edu Expo 2020 di Aula Gedung DPRD Gunungkidul. Kegiatan ini harus didukung, karena sangat penting bagi pembangunan sumber daya manusia, khususnya generasi muda atau kaum milenial di Gunungkidul.

Edu Expo 2020 dirancang oleh anak-anak muda Gunungkidul yang memiliki pandangan ke depan dan sangat bermanfaat bagi pembangunan di wilayah yang meliputi 144 desa.

Agendanya, antara lain presentasi kampus PTN dan PTS. Talkshow beasiswa dan inspirasi mahasiswa berprestasi asal Gunungkidul. Talkshow diaspora muda Gunungkidul, mahasiswa S2 dan S3 yang studi ke luar negeri. Juga ada stand pameran komunitas kepemudaan dan pendidikan di Gunungkidul.

Tujuan yang dirancang kaum milenial Gunungkidul ini juga menarik. Edu Expo 2020 dilaksanakan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya pendidikan lanjut. Selain itu juga sebagai ruang temu pelajar dan kaum muda Gunungkidul. Juga ruang temu komunitas se Gunungkidul.

Kemudian tempat untuk sharing knowledge atau berbagi pengetahuan dan pengalaman hidup. Kegiatan itu juga untuk membangun kultur dialog atau diskusi publik dan nalar kritis dengan aktor utama anak muda yang menurut penggagas Edu Expo, masih minim di Gunungkidul.

Tujuan yang tak kalah penting adalah untuk menarik kembali generasi potensial dan intelektual muda Gunungkidul untuk peduli dan kembali ke daerahnya.

Anak-anak muda kreatif yang tergabung dalam komunitas Gunungkidul Menginspirasi ingin menciptakan ekosistem anak-anak muda baru melalui ruang-ruang alternatif dan kolektif berbasis intelektualitas, ilmiah, egaliter, dan humanis.

Bagi para pengunjung bebas tidak dipungut biaya alias gratis. Acara bebas atau free untuk siapa saja. Hanya ada satu syarat, pengunjung perlu bawa donasi satu buku bacaan yang nantinya akan disumbangkan ke perpustakaan atau rintisan TBM pedesaan Gunungkidul. Agendanya program Buku Untuk Gunungkidul.

Sebenarnya apa yang digagas oleh anak-anak muda kreatif Gunungkidul ini pada jangka panjang akan meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia di Gunungkidul. Sehingga dengan segala kemampuan, kami dukung kegiatan Edu Expo 2020. Selamat berkarya untuk anak-anak muda kreatif di Gunungkidul. Aku akan terus bersamamu. (*)
Penulis, Pembina Yayasan Pendidikan Mahisa Agni Gunungkidul

Read previous post:
Musim Liburan, Kepala dan Kaki Domba Laris Manis

LOKASI kuliner penyedia olahan daging domba maupun kambing tersebar di berbagai tempat. Saat musim liburan termasuk liburan akhir dan awal

Close