Selesaikan Jalur Kepek-Ngobaran, Gunungkidul Anggarkan Rp 35 M

MERAPI-ANTARA  Pantai Ngobaran membutuhkan dukungan infrastruktur jalan untuk mendongkrak kunjungan wisatawan.
MERAPI-ANTARA
Pantai Ngobaran membutuhkan dukungan infrastruktur jalan untuk mendongkrak kunjungan wisatawan.

WONOSARI (MERAPI) – Pemerintah Kabupaten Gunungkidul pada 2020 menganggarkan Rp 35 miliar, untuk percepatan penyelesaian jalan wisata dari Kepek menuju Pantai Ngobaran di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari. Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) Gunungkidul Eddy Praptono, Kamis (12/12), mengatakan jalur Kepek-Ngobaran masih ada ruas sepanjang 3,5 kilometer yang belum dibangun.

“Untuk menyelesaikan jalur ini, kami sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp 35 miliar. Jalan tersebut dilaksanakan pada 2020,” kata Eddy.

Anggaran Rp 35 miliar bersumber dari Dana Alokasi Khusus fisik sebesar Rp 23 miliar. Sedang sisanya Rp 12 miliar diambilkan dari Dana Alokasi Umum yang disalurkan dalam program keuangan APBD.

Jalur Kepek-Ngobaran sudah dimulai sejak beberapa tahun lalu. Namun hingga sekarang pembangunan masih berlangsung karena target baru akan diselesaikan di tahun depan. Tahun ini, pemkab mengalokasikan anggaran Rp7 miliar untuk menggarap jalan sepanjang 1,2 kilometer.

“Pembangunan jalur Kepek-Ngobaran untuk mendukung pengembangan potensi pariwisata di wilayah Saptosari,” katanya dikutip Antara.

Kepala Seksi Pemeliharaan, Bidang Bina Marga, DPUPRKP Gunungkidul, Wadiyana mengatakan pembangunan jalur Kepek-Ngobaran sempat terhambat keterbatasan anggaran yang dimiliki pemkab. Hal ini terjadi karena anggaran DAK yang turun tidak sesuai harapan. Awalnya, pemkab berharap bisa mendapatkan bantuan sebesar Rp 35 miliar. Namun permohonan yang diajukan hanya disetujui sebesar Rp 23 miliar.

“Anggaran DAK sebesar Rp 23 miliar tidak mampu menyelesaikan jalur Kepek-Ngobaran,” kata Wadiyana.

Jalur Kepek-Ngobaran sangat penting dan strategis untuk dibangun. “Jalur ini untuk mendukung pengembangan sektor kepariwisataan, maka butuh dibuatkan jalan baru,” tandasnya. (*)

Read previous post:
Cegah Stres dengan Olahan Ayam

SATWA ayam sudah dikenal berbagai kalangan. Bagian daging ayam, misalnya di sayap, dada serta paha banyak diolah menjadi aneka jenis

Close