RAZIA PELAJAR DAN ASN: 13 Siswa SMA Keluyuran Saat Jam Sekolah

WONOSARI (MERAPI) – Operasi penegakan disiplin Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pelajar berhasil menjaring belasan pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) di Gunungkidul, yang kedapatan tengah nongkrong di sejumlah warung pada jam pelajaran berlangsung, Selasa (19/11).

Razia yang digelar Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Inspektorat Gunungkidul ini akan terus dilakukan sebagai upaya penegakan disiplin dan menciptakan budaya tertib. “Terdapat belasan pelajar SMA yang akami amankan dan langsung dilakukan pembinaan,” kata Kepala Seksi Penyelidikan dan Penyidikan Bidang Penegakan Peraturan, Satpol PP Gunungkidul, Tri Sugiyardi di sela razia berlangsung.

Dalam kegiatan razia ini petugas gabungan menggelar operasi dengan sasaran kawasan Kota Wonosari. Beberapa titik disisir dengan sasaran para ASN maupun pelajar yang berkeliaran ketika jam kerja maupun jam sekolah. Saat tim tiba di sejumlah warung, pihaknya mendapati adanya sejumlah siswa berseragam SMA tengah asyik dan nongkrong di warung. Terdapat 3 titik yang disasar dan dapati sejumlah pelajar tengah asyik nongkrong. Total sebanyak 13 pelajar diamankan dan dilakukan pembinaan dengan melibatkan dinas pendidikan pemuda dan olah raga. Para pelajar ini berasal dari sejumlah SMA maupun SMK yang ada di Kota Wonosari. “Pembinaan pelajar bolos saat jam sekolah juga kita koordinasikan dengan orang tuanya,” imbuhnya.

Untuk sementara pembinaan belum diberikan sanksi, tapi dengan teguran dan pembinaan diharapkan dapat menumbuhkan efek jera. Tetapi jika dalam razia mendatang masih mengulangi lagi perbuatannya tentu akan diberikan ada sanksi. Kegiatan Operasi semacam ini rutin digelar oleh Satpol PP dalam ranngka menegakkan peraturan daerah dan penegakan disipil baik terhadap ASN maupun pelajar.. Selain wilayah Kecamatan Wonosari, juga menyasar beberapa kecamatan lain dan di lokasi pusat kerumunan massa, pasar dan pusat perbelanjaan.“Dengan kegiatan ini kami harapkan tingkat ketaatan pelajar dan ASN meningkat. Dan tidak meninggalkan jam pelajaran atau jam kerja hanya untuk kegiatan yang tidak bermanfaat,” terangnya. (Pur)

Read previous post:
ilustrasi
Kehamilan Dipersoalkan

KEHAMILAN terkadang disikapi secara berbeda-beda, tergantung kepentingannya. Bagi pasangan suami-istri yang mendambakan anak, kehamilian tentu sangat disyukuri dan disambut dengan

Close