3 ASN Izin Ikut Pilkades

Gunungkidul Sosialisasikan Pilkades 2019

WONOSARI (MERAPI) – Sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Gunungkidul mengajukan izin kepada bupati untuk ikut menjadi peserta Calon Kepala Desa (Cakades) pada pemilihan serentak bulan November mendatang. Dari data sementara terdapat 3 ASN yang telah memiliki izin dari Bupati Gunungkidul tersebut.

Ketiga ASN itu yakni Drs Waluyo Maharjito Guru di SD Tancep akan mencalonkan diri sebagai Kepala Desa di Paseban, Bayat, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Kemudian Juwarno S.Pd.I guru SD Dengok, Playen akan mencalonkan diri sebagai Kades Banyusoca dan Sumpono SE Kasi Pelayanan Umum Kecamatan Nglipar sebagai Kades Kedungkeris, Kecamatan Nglipar.

“Sudah tiga ASN yang telah memiliki izin bupati untuk mengikuti Pilkades mendatang,” kata Subbidang Status dan Kedudukan Kepegawaian, Bidang Status, Kinerja, dan Kesejahteraan Pegawai, Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Gunungkidul, Sunawan

Nantinya jika yang bersangkutan gagal dalam mengikuti pesta demokrasi di tingkat desa, para ASN itu dapat aktif kembali menjalankan tugas mereka sebagaimana mestinya. Untuk sementara selama proses pencalonan, mereka dibebastugaskan dari kewajiban menjalankan tugas dan haknya sebagai ASN tetap dipenuhi negara.

“Keikutsertaan ASN dalam pemilihan kepala desa hampir setiap tahun ada. Beberapa tahun lalu yang mengajukan izin dan ikut sebagai Calon Kepala Desa juga ada bahkan kini menjabat sebagai kades,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DP3AKBPMD), Muhammad Farkhan mejelaskan, khusus untuk ASN yang akan ikut menjadi calon Kepala Desa diwajibkan mengantongi izin dari Bupati. Tahun ini di Kabupaten Gunungkidul terdapat 56 desa tersebar di 17 kecamatan dan akan diselenggarakan pilkades secara serentak.

“Proses pelaksanaan pilkades serentak saat ini sudah dimulai dan akan dilaksanakan pada akhir November tahun ini,” terangnya. (Pur)

Read previous post:
Kementan Kawal Penyaluran Pupuk Bersubsidi

JAKARTA (HARIAN MERAPI)- Pemerintah memberikan pupuk bersubsidi kepada para petani dalam rangka mendukung ketahanan pangan nasional. Pemberian pupuk bersubsidi ini

Close