Dibangun Kawasan Wisata Terintegrasi

MERAPI-BAMBANG PURWANTO  Wisata terintegrasi Pantai Baron, Tanjungsari, Gunungkidul.
MERAPI-BAMBANG PURWANTO
Wisata terintegrasi Pantai Baron, Tanjungsari, Gunungkidul.

WONOSARI (MERAPI) – Program pembangunan dan pemberdayaan terus ditingkatkan sejalan dengan dibangunnya Yogyakarta International Airport (YIA) di Kabupaten Kulonprogo, agar dapat dirasakan seluruh masyarakat DIY termasuk Gunungkidul. Saat ini Pemprop DIY dan Gunungkidul akan membangun kawasan wisata terintegrasi di Pantai Selatan (Pansel). Terdapat 3 pantai yang akan diterapkan program tersebut di antaranya Pantai Baron, Krakal dan Drini.

“Perencanaan selesai tahun ini dan tahun 2020 mendatang bersiap dalam penerapannya,” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DIY, Budi Wibowo, Sabtu (31/8).

Sejak YIA beroperasi di kawasan Kulonprogo, diharapkan ada multiplyer efek. Dampak positif yang diinginkan adalah nantinya dapat mendongkrak perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di lintas daerah terutama selanjang pantai selatan yang kini dijadikan Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS). Terkait dengan hal tersebut Pemprov DIY juga terus bebenah dalam melakukan perencanaan di bidang pembangunan dan pemberdayaan. Pascapembangunan YIA harapannya ada pertumbuhan perekonomian masyarakat sehingga dapat terintregrasi. “Beberapa program sudah mulai kami gagas dan sudah dilakukan identifikasi kawasan juga sudah kami lakukan,” imbuhnya.

Pemkab Gunungkidul juga sudah melakukan pembangunan infrastruktur selain akses wisatawan juga bidang lain. Jika di Bantul akan menerapkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) disesuaikan dengan kondisi sekitar, maka untuk pesisir selatan Gunungkidul akan diterapkan konsep pantai yang terintegrasi. Untuk tiga pantai yang ditunjuk sebagai kawasan wisata terintegritas saat ini juga mulai dilakukan penataan kawasan.Dengan dibukanya kawasan ekonomi khusus dan kawasan pantai terintegirtas, maka diharapkan akan dapat menarik minat investor untuk berinvestasi. “Karena penerapan program ini juga diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan dan inovasi dalam pengembangan obyek wisata,” ucap Sekda Gunungkidul Dradjad Ruswandono. (Pur)

Read previous post:
Gunungkidul Terima Penghargaan AHI 2019

WONOSARI (MERAPI) - Kabupaten Gunungkidul meraih prestasi gemilang, dengan menerima dua penghargaan Anugerah Humas Indonesia (AHI) Tahun 2019. Yaitu penghargaan

Close