KEMBANGKAN INVESTASI SKALA BESAR – Gunungkidul Sasaran Perusahaan Besar

WONOSARI (MERAPI) – Kabupaten Gunungkidul menjadi sasaran perusahaan besar untuk mengembangkan usaha berskala besar dan diharapkan berdampak terhadap pnyerapan tenaga kerja. Setelah PT Woonell Midas yang berada di Kecamatan Semin, pabrik sarung tanganyang menyerap tenaga kerja lokal sebanyak 300 orang, kini akan disusul perusahaan garmen dan konveksi di Semanu yang akan menyerap tenaga kerja 500 orang.

“Belum termasuk perusahaan ternak unggas yan akan melakukan perekrutan ribuan naker,” kata Kasi Ketenagakerjaan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Gunungkidul, Aris Suryanto, Senin (26/8).

Perusahaan sarung tangan ke depan juga akan melakukan perekrutan sekitar 1.000-1.500 tenaga kerja, pasalnya untuk hasil produksi ini dipasarkan tidak hanya di Indonesia tetapi juga luar negeri. Untuk pabrik konveksi juga akan dibangun di kecamatan Semanu. Peternakan ayam terbesar diIndonesia yang kini berada di Pacarejo juga akan membuka lapangan pekerjaan hingga ribuan orang. “Sudah ada beberapa perusahaan yang sudah melakukan perekrutan tenaga kerja tetapi tengah didata,” imbuhnya.

Mengacu Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kecamatan Semanu ada beberapa perusahaan besar yang mulai membidik untuk pengembangan investasi. Selain itu di kawasan perbatasan yakni sektor utara untuk mengembangkan usaha mereka, mengingat letaknya cukup strategis dan upah yang masih tergolong rendah dibanding di Jakarta dan lainnya.Dari dinas sendiri berupaya memberikan informasi mengenai lowongan pekerjaankepada masyarakat. Selain itu juga memberikan dorongan bagi perusahaan untuk dengan sadar memberikan kewajiban mereka terhadap pekerja, mulai dari pemenuhan hak dan kewajiban perusahaan.

Ditambahkan Kepala Bidang Tenaga Kerja, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Munawar meskipun ketersediaan lapangan pekerjaan cukup besar, namun ada beberapa kendala yang sering dihadapi dalam menarik minat pekerja lokal untuk tetap bertahan di daerahnya sendiri. Misalnya saja, para pencari kerja terkesan pilih pilih bidang pekerjaan dan daerah yang dituju.Untuk mensikapi hal ini diberikan hitungan antara Upah Minimum Kabupaten (UMK) dengan kebutuhan hidup. “Bekerja di luar daerah seperti kota besar perlu dipertimbangkan karena biaya hidup di daerah sendiri lebih murah,” terangnya. (Pur)

Read previous post:
Tekan Angka Kematian, PPIH Pastikan Jaminan Kesehatan Jemaah Haji

MADINAH (MERAPI)- Pemerintah melalui Panitia Penyelenggara Ibadah haji (PPIH) Arab Saudi harus hadir untuk memberikan upaya maksimal guna menjamin kesehatan

Close