CEGAH PENULARAN AGAR TAK MELUAS: 10 Ribu Ternak Disasar Vaksin Antraks

Ilustrasi

WONOSARI (MERAPI) – Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kabupaten Gunungkidul memvaksinasi lagi terhadap ribuan ternak, meliputi sapi dan kambing untuk mencegah terjadinya penualaran antraks. Langkah ini dilakukan sebagai tindak lanjut adanya sejumlah hewan ternak di Padukuhan Grogol, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo yang positif antraks. Bahkan dari sebanyak 48 sampel yang diujilabkan terdapat 3 positif terserang antraks.

Sebelumnya, DPP juga telah melakukan sistem pencegahan terjadinya kasus antraks dari penyemprotan cairan formalin hingga desinfektan. “Kita mendapat jatah 5.000 dosis dari Kementrian Pertanian dan dari jumlah tersebut diperkirakan sedikitnya ada 10.000 ternak yang akan mendapatkan vaksin,” kata Kepala DPP Kabupaten Gunungkidul Ir Bambang Wisnu Broto, Rabu (26/6).

Terkait dengan program vaksinasi ini DPP telah menerjunkan sebanyak 91 petugas untuk melakukan vaksinasi terhadap ternak milik masyarakat. Vaksinansi sendiri akan dilakukan di wilayah-wilayah yang berada di zona merah antraks dan terbagi menjadi dua zona. Untuk zona merah ada 389 ekor sapi, 928 kambing, 10 domba. Ternak-ternak tersebut berada di Dusun Grogol I, Grogol II, Grogol III, Grogol IV, Grogol V Desa Bejiharjo, Dusun Kajar 3, Tawarsari dan Desa Karangtengah. Untuk zona kuning, yakni di Dusun Grogol II, Gunungsari, Banyubening I, Banyubening II, Kulwo Desa Bejiharjo. Kedung I, Kedung II, Desa Karang Tengah, Budegan I, Budegan II, Desa Piyamam dan Selang II, Desa Selang. Total ternak sapi ada 839 ekor, ternak kambing 1.852 ekor dan 30 ekor domba.

“Satu dosis itu bisa dipergunakan untuk memvaksin dua ternak, jadi kalau ada 5.000 dosis bisa untuk 10.000 ternak,” imbuhnya.

Kasi Kesehatan Veteriner DPP Gunungkidul, Retno Widiastuti mengatakan, penyuntikan vaksin dilakukan agar pencegahan penyebaran antraks dapat lebih maksimal. Namun begitu vaksin sendiri dapat memberikan efek samping terhadap ternak yang disuntik.Vaksin antraks dapat memberikan efek samping terhadap kesehatan hewan ternak jika hewan yang divaksin dalam kondisi tidak seha. “Jadi, sebelum vaksin dilakukan kami memberikan sosialisasi terkait dengan pemberian antibodi,” pungkasnya.(Pur)

Read previous post:
Mau Menikmati Cirebon, Datang Deh ke Festival Budaya Sunyaragi

CIREBON (MERAPI) – Ada kabar gembira bagi wisatawan yang tengah berkunjung ke Cirebon. Karena Kota Udang menggelar Festival Budaya Sunyaragi

Close