CCTV Dipasang di Pusat Konsentrasi Massa

Pentingnya CCTV
Ilustrasi

WONOSARI (MERAPI) – Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Gunungkidul melakukan pemasangan puluhan Close Circuit Television (CCTV) di sejumlah kawasan dan tempat yang padat aktivitas termasuk arus lalu lintas. Pemasangan CCTV telah dilakukan sejak beberapa hari lalu dan diiharapkan mampu memantau kondisi sejumlah daerah melalui jaringan internet.

“Kita sudah lakukan pemasangan di lokasi padat aktivitas dan pusat konsentrasi masyarakat,” kata Kepala Seksi Infrastrukur Dinas Komunikasi dan Informatika Gunungkidul, Setyo Hartato, Selasa (18/6).

Saat ini, terdapat 40 titik yang dipasang kamera CCTV sebagai salah satu sarana untuk pemantauan lalu lintas dan aktivitas warga. Alat pantau yang terhubung internet ini dipasang di wilayah perbatasan dan artifisial intelejen se kabupaten Gunungkidul. Adapun saat ini pihaknya tengah merampungkan proses pemasangan CCTV di pintu gerbang barat Gunungkidul di Kecamatan Patuk dan terdapat 6 CCTV yang terpasang dengan rincian 2 di kawasan perbatasan, 2 alat artifisial intelegen dan 2 CCTV untuk pemantauan arus lalu lintas.

“Pemasangan di kawasan Patuk ini diprioritaskan mengingat di kawasan ini menjadi jalur utama Gunungkidul-Yogyakarta yang cukup padat aktivitas,” imbuhnya.

Dengan pemasangan CCTV ini diharapkan kondisi daerah dapat terpantau secara online atau melalui internet baik kepadatan lalu lintas maupun aktifitas masyarakat lainnya. Ke depan secara bertahap dari dinas akan mengembangkan pemasangan CCTV di pintu masuk Kabupaten Gunungkidul lainnya serta beberapa tempat-tempat yang dianggap penting untuk dipasangi CCTV.Harapannya, dengan pemasangan ini agar pelayanan kepada masyarakat dengan perkembangan teknologi dan daerah dapat lebih mudah, murah dan cepat. Selain itu, pelayanan kegawatdaruratan, jika terdapat insiden di jalan dapat terpantau dengan baik.

“Hal ini juga mengacu pada sejumlah kejadian yang sebelumnya terjadi di Gunungkidul mulai dari kecelakaan maupun insiden lainnya yang membutuhkan pertolongan,” ucapnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gunungkidul, Kelik Yunianto menambahkan pihaknya juga terus melakukan pendataan kebutuhan CCTV di ruas jalan umum dan tempat-tempat umum lainnya. Kawasan perbatasan dan jalur sepi misalnya jalur ke pantai Baron dan kawasan Mulo dulunya disebut menjadi prioritas pemasangan CCTV ke depan. “Antisipasi kejahatan, tindakan tidak pantas, pantauan arus lalu lintas tujuan utama kami dalam pemasangan CCTV ini,” terangnya. (Pur)

Read previous post:
PMD GELAR BURSA INOVASI DESA – Maksimalkan Pemanfaatan Dandes

SLEMAN (MERAPI) - Pemanfaatan dana desa selama ini masih dinilai belum optomal. Hal itu muncul berdasarkan hasil evaluasi dalam kurun

Close