PETANI DIMINTA TENANG – Stok Pupuk Bersubsidi di Gunungkidul Aman

Petani Jaten menanam padi di awal musim tanam pertama
Ilustrasi

WONOSARI (MERAPI) – Persediaan pupuk bersubsidi di Kabupaten Gunungkidul hingga untuk tahun depan aman. “Dinas Pertanian dan Pangan menjamin stok tahun ini sebanyak 1.200 ton dan berdasarkan data tersebut persediaan pupuk bersubsidi hingga tahun ini tidak ada masalah,” kata Kabid Tanaman Pangan Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkid Raharja Yuwono, Jumat (18/1).

Sementara itu, menangkis kabar bahwa pasokan pupuk di Gunungkidul tersendat di musim tanam ini pihak PT Bhanda Ghara Reksa sub cabang DI Yogyakarta langsung memberikan respon, menurut Rahmad Rudiyanto selaku kepala gudang pupuk di Gunungkidul menangkis adanya kabar pasokan pupuk tersebut langka.Untuk pupuk urea bersubsidi kemasan 25 kg saat ini masih ada 15 ton. Sedangkan pupuk urea non subsidi kemasan 50 kg masih ada 2,8 ton dan jenis pupuk NPK kemasan 50 kg masih 25 ton. “Stok digudang masih sangat aman untuk memenuhi kebutuhan para petani di Gunungkidul,” imbuhnya.

Ditambahkan Kabid Tanaman Pangan Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkid Raharja Yuwono hingga saat ini pihaknya belum menerima laporan penyalahgunaan penyaluran pupuk bersubsidi dan telah berkoordinasi dengan kepolisian. Jika ada indikasi pelanggaran hukum terkait kecurangan distribusi pupuk bersubsidi pihaknya akan melakukan penindakan. Kepada warga atau petani yang mengetahui adanya indikasi pelanggaran diharapkan melapor dan akan diproses secara hukum.

“Kita bersikap tegas dan jika menemukan adanya pelanggaran terkait dengan penyaluran pupuk bersubsidi akan ditindak melalui jalur hukum,” terangnya. (Pur)

Read previous post:
BAHAN ALAMI BERFAEDAH BAGI KESEHATAN MANUSIA (6) – Bantu Cegah Kanker dengan Wortel

ASUPAN berbahan alami ketika rutin dikonsumsi akan berfaedah bagi kesehatan manusia. Jika berasal dari tumbuhan, bahan alami bermanfaat antara lain

Close