PEMKAB GUNUNGKIDUL TINDAK TEGAS – Usaha Kuliner Dilarang ‘Nutuk’ Harga

WONOSARI (MERAPI) – Pemerintah kabupaten Gunungkidul mengimbau kepada pengusaha kuliner, baik rumah makan, penjaja makanan dan minuman di kawasan objek wisata untuk tidak menaikkan harga secara tidak wajar dan terkesan ’nutuk’ , selama liburan akhir tahun, Natal dan tahun baru. Menaikan harga yang berlipat di kawasan wisata tidak hanya merugikan konsumen, namun juga Pemkab Gunungkidul yang mengandalkan pariwisata sebagai sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Kami tidak ingin mendengar keluhan wisatawan karena merasa mendapat perlakuan harga yang tidak wajar dan memberatkan,” kata Bupati Gunungkidul Hj Badingah S Sos, Selasa (18/12).

Terkait dengan hal tersebut pihaknya akan melakukan koordinasi dengan intansi terkait untuk memantau pedagang maupun pengusaha rumah makan dan jika melakukan tindakan dengan menaikkan harga yang tidak selayaknya akan dikenai sanksi. Untuk mengantisipasi hal tersebut pihaknya berharap penjual memasang daftar harga makanan, sehingga wisatawan mengetahui berapa harga makanan yang harus mereka bayar.

Sementara, dalam musim libur akhir tahun 2018 dan Tahun Baru 2019 Pemerintah Kabupaten Gunungkidul menargetkan, 344.000 kunjungan wisatawan. Sekretaris Dinas Pariwisata Kabuoaten Gunungkidul Hary Sukmono, mengaku optimis target tersebut tercapai. Sebab, berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya jumlah kunjungan wisata khususnya pada akhir tahun maupun tahun baru, juga liburan lebaran selalu melampaui target yang direncanakan “Kita terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan bagi wisatwan,”terangnya.

Sementara Haryono Fendi (40) Seorang wisatawan Pantai Baron, Tanjungsari, Gunungkidul warga Kabupaten Magelang, Jawa Tengah meminta pemkab juga melakukan penataan terhadap parkir liar di sepanjang pantai selatan. Dari pengalamannya selama beberapa musim liburan banyak oknum menarik ongkos jasa parkir terlalu mahal. “Hal ini hendaknya bisa ditertibkan agar wisatawan tidak jera berkunjung ke berbagai objek wisata terutama pada musim liburan,”ucapnya. (Pur)

Read previous post:
LIGA SUPER SLEMANSEMBADA – KKK Menangi Duel Sengit

SLEMAN (MERAPI) - KKK Klajuran melanjutkan tren positif di Liga Super Sleman Sembada musim 2018/2019. Usai mengalahkan Persak Kentungan dua

Close