HASIL PEMERIKSAAN SELAMA IDUL ADHA – Ditemukan 73 Kasus Cacing Hati

Ilustrasi daging glonggongan
Ilustrasi

WONOSARI (MERAPI) – Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Gunungkidul menemukan 73 kasus cacing hati hewan kurban pada pelaksanaan Idul Adha hingga masa tasrik Jumat (24/8). Jumlah tersebut terbagi sebanyak 71 kasus pada sapi dan 2 kasus kambing. Berkait dengan temuan tersebut, dinas langsung melakukan imbauan untuk langsung dibuang dan tidak boleh untuk dikonsumsi. “Selama ini ditemukan 71 kasus cacing hati pada sapi dan 2 kasus kambing,” kata Kepala DPP Gunungkidul Ir Bambang Wisnubroto, Jumat (24/8).

Selain itu, lanjutnya, juga ditemukan kasus radang paru-paru 2 kasus dan cacing gilig 1 kasus. Guna melakukan pengawasan, sebanyak 169 petugas pemantau masih melakukan pengawasan dilapangan. Mengingat penyembelihan hewan kurban ini diperkirakan berlangsung selama tiga hari di Gunungkidul. Selain petugas dinas, juga ada 30 mahasiswa dari UGM ikut melakukan pemantauan di wilayah Kabupaten Gunungkidul. “ Petugas melakukan pengawasan langsung ke lokasi penyembelihan hewan kurban. Sehingga apabila ada kasus bisa langsung melakukan penanganan dan memberikan imbauan kepada panitia penyembelihan hewan kurban,” jelas Bambang.

Sementara itu, data untuk jumlah hewan kurban yang disembelih sejak, Rabu (22/8) hingga masa tasrik Jumat (24/8) secara rinci meliputi 2.261 ekor sapi, 10.347 ekor kambing dan domba sebanyak 125 ekor. Pada pelaksanaan penyembelihan hewan kurban, baik di masjid maupun lokasi lain secara umum berjalan dengan lancar. Karena sebelumnya, dinas sudah melakukan pelatihan terhadap para takmir masjid maupun panitia dalam penyembelihan hewan kurban. “ Secara umum berjalan dengan lancar, sekalipun memang ditemukan kasus cacing hati,” imbuhnya.

Bupati Gunungkidul Hj Badingah SSos menuturkan, pelaksanaan Hari Kurban di Gunungkidul berjalan cukup aman. Penyembelihan hewan kurban secara merata dilakukan Umat Islam di seluruh kecamatan. Baik di lokasi kompleks masjid maupun musala dan tempat yang memang dijadikan lokasi untuk penyembelihan hewan kurban. Hari Raya Kurban menjadi momentum untuk saling menumbuhkan kepedulian dan kebersamaaan. “ Berkait dengan temuan kasus, langsung dilakukan penanganan melalui dinas terkait,” ucapnya. (Pur)

Read previous post:
TINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN – Dibangun Jalan Baru ke Pantai Ngrenehan

WONOSARI (MERAPI) - Pembangunan sarana jalan menuju sejumlah objek wisata pantai di Kabupaten Gunungkidul terus dilakukan. Bahkan tahun ini Dinas

Close