Wulenpari Paduan Menu Tradisi dan Alam

MERAPI-TEGUH Aziz dan Bayu mengelola Wulenpari menyatu dengan Alam.
MERAPI-TEGUH
Aziz dan Bayu mengelola Wulenpari menyatu dengan Alam.

MEMANJAKAN costumer dengan memberikan pelayanan serta menyuguhkan sesuatu yang beda menjadi salah satu kiat bagi pengembangan bisnis kuliner saat ini. Biasanya pelanggan datang bukan sekadar untuk makan sebagai kebutuhan pengisi perut semata. Ada sesuatu yang membuat customer merasa harus kembali, bisa jadi itu bukan karena menu yang disajikan. Tapi mungkin dari suasana dan alam di sekitar yang menjadi daya pikatnya.

Kemampuan dalam memadukan menu makanan yang disajikan dengan suasana dan keadaan alam lingkungan, ternyata mampu mendongkrak kunjungan pelanggan dan bahkan mengikat customer menjadi pelanggan sejati. Hal itu menjadi konsep bagi Aminuddin Aziz dalam mengembangkan bisnis kulinernya Wulenpari, yang di balut dengan taglen Nature and Culture. Resort dan Resto yang baru dua bulan beroperasi ini ternyata mampu menyedot perhatian banyak pelanggan.

“Menu biasa sebagaimana masakan orang desa kebanyakkan. Setiap hari menu kita sesuaikan dengan suasana alam dan kehidupan masyarakat di dusun, ini bagai menyatu. Sengaja saya konsep berada di pinggir sungai Oyo yang penataannya menyatu dengan alam,” tutur Aziz Owner Wulenpari sapaan akrabnya kepada Merapi di Beji, Patuk, Gunungkidul.
Menurut Aziz, masyarakat perkotaan memiliki kerinduan dengan suasana pedesaan yang benar-benar masih murni, hidup di tengah hutan di pinggiran kali dengan menikmati masakan sayur lodeh, gorengan tempe dan sambel tidak ada yang terkesan mewah. Bahkan pengunjung bisa membuat sendiri sambel sesuka hatinya sesuai selera, mengambil makanan di dapur dengan model prasmanan layaknya pulang ke rumahnya sendiri di kampung halamannya.

“Konsep alami dan menjaga tradisi serta budaya yang menjadi komitmen saya terapkan kepada semua teman yang terlibat di Wulenpari, sehingga dalam memberikan pelayanan benar-benar tulus dengan kebiasaan sapa aruh, menyapa,” tandas Aziz.

Ditegaskan Aziz Wulenpari memang lebih menyisir kelompok menengah ke atas, namun harga semua menu dibandrol sangat familier sehingga bisa terjangkau segala lapisan masyarakat. Daya tarik lain selain menikmati menu khas orang desa juga bisa bermain air sepuasnya di sungai Oyo, ada fasilias perahu kecil dan sejumlah kanno. Bagi yang suka snorkeling juga bisa menikmati kedalaman kedung di dermaga Wulenpari.

Menurut kepala dapur resort dan resto Wulenpari Sulatyanto Bayu Pratomo, berbagai menu yang ada mungkin sama dengan masakan yang diolah oleh orang dusun. Namun kekuatan taste yang disuguhkan akan terasa beda, selain tanpa menggunakan penyedap rasa atau msg vetsin dan sejenisnya. Semua menu hanya mengandalkan kekuatan daya bumbu dapur dan berbagai rempah-rempah.

“Sengaja tidak mencampur dengan penyedap rasa, saya main di kekuatan bumbu dan berbagai rempah-rempah saja. Menu andalan Wulenpari ada pada konsep blenden, yaitu sajian khas bagi orang dusun. Masakan kemaren sore untuk dihidangkan hari, ternyata itu banyak disuka customer,” urai Bayu yang memiliki keahlian meracik berbagai menu khas dusun Beji.
Selain menyediakan menu harian seperti sayur lodeh terong, oseng-oseng tempe lombok ijo, menurut Bayu, pelanggan juga bisa menikmati masakan sesuai selera bila memesan sebelumnya. ” Setiap hari menu akan berbeda-beda, tapi sajian kuah dan garingan sedangkan lauknya tempe tahu itu menu harian yang tidak bisa dihilangkan dari kehidupan orang dusun, akan selalu ada begitu juga sambel bawang,” urai Bayu.

Wulenpari buka setiap hari dari jam 10.00 siang sampai pukul 21.00, selain itu ada pojok kopi yang menyediakan sajian kopi khas Wulenpari. Menikmati seduhkan kopi saat malam hari di tengah purnama. Menjadi pengalaman indah yang punya kesan tersendiri, karena berada di dalam hutan yang hening. (Teguh)

 

Read previous post:
Pemkab Sleman Jamin Ketersediaan Hewan Kurban

SLEMAN (MERAPI) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman melalui Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (DP3) menjamin ketersediaan hewan untuk Idul Adha

Close