Disdukcapil Bantul Siapkan Layanan Daring dan Jemput Bola

MERAPI-YUSRON MUSTAQIM
Kepala Disdukcapil, Bambang Purwadi Nugroho (kanan) bersama Bupati Abdul Halim Muslih saat sosialisasi layanan Disdukcapil Bantul

BANTUL (MERAPI) – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bantul akan terus melakukan inovasi dalam pelayanan cetak dokumen kependudukan bagi masyarakat. Salah satunya akan membuka layanan dokumen kependudukan secara daring dan jemput bola.
“Kami akan terus meningkatkan pelayanan dokumen kependudukan kepada masyarakat. Salah satunya akan meningkatkan layanan daring dan jemput bola data kependudukan,” ujar Kepala Disdukcapil Bantul, Bambang Purwadi Nugroho SH MH disela-sela sosialisasi pelayanan dokumen kependudukan di Aula Perkantoran Manding Bantul, Senin (17/5).

Dalam perkembangan teknologi informasi saat ini, layanannya dokumen kependudukan harus dilakukan secara cepat dan tepat. Sehingga layanan ini akan mendukung pemerintah dalam mengurangi kerumunan dan potensi penyebaran virus Covid-19.
“Seperti ketika ada penduduk yang memiliki keterbatasan fisik tidak perlu datang ke disdukcapil. Sebagai pelayan masyarakat maka kita yang akan datang,” lanjut Bambang menegaskan.

Bahkan ke depan pihaknya berharap semua kantor kapanewon dapat melayani cetak KTP. Karena sampai saat ini baru 6 dari 17 kapanewon di Kabupaten Bantul yang biasa mencetak KTP antara lain kapanewon Sedayu, Kasihan, Sewon, Banguntapan, Piyungan dan Dlingo. Untuk itu ke depan semua kapanewon diharapkan dapat melayani cetak KTP.
“Selama ini belum semua kapanewon belum bisa melayani cetak KTP karena keterbatasan alat. Tetapi sambil jalan kami harapkan semua kapanewon dapat dilengkapi dengan alat sehingga akan memudahkan masyarakat yang mencari dokumen kepentingan,” jelasnya.

Sementara Bupati Bantul, H Abdul Halim Muslih menyambut baik langkah yang diambil Disdukcapil Bantul dalam pelayanan dokumentasi kependudukan. Karena pelayan yang baik akan mendukung kepuasaan bagi masyarakatnya.
“Memberikan layanan yang baik dan prima menjadi tugas bersama. Untuk itu kami mendukung penuh upaya disdukcapil dalam mewujudkan pelayanan yang baik bagi masyarakat Kabupaten Bantul,” tegas Halim. (Usa)

Read previous post:
Kewalahan Terapkan Prokes, Pengelola Obwis Ditegur

KARANGANYAR (MERAPI) - Satgas Covid-19 Kabupaten Karanganyar menegur pengelola objek wisata (obwis) yang dianggap abai menerapkan protokol kesehatan (prokes). Pengelola

Close