DP2KP Bantul Salurkan Bantuan Alat Pertanian

MERAPI-YUSRON MUSTAQIM
Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih secara simbolis saat memberikan bantuan alsintan

BANTUL (MERAPI) – Untuk meningkatkan produktivitas pertanian, Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan (DP2KP) Kabupaten Bantul menyalurkan bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) bagi kelompok tani (klomtan) di Kabupaten Bantul.

Kepala DP2KP Kabupaten Bantul, Yus Warseno SPsi MSc mengatasi, bantuan tersebut diberikan kepada 23 kelompok tani. “Dari batuan ini, masing-masing kelompok tani menerima bantuan berupa 7 unit hand traktor besar, 9 unit power trasher multi guna dan 6 unit pompa air dengan nilai mencapai Rp 500 juta,” ujarnya kepada wartawan, Senin (3/5).

Selain untuk meningkatkan produktivitas pertanian, bantuan tersebut sebagai upaya pemerintah untuk memperhatikan sektor pertanian. Karena selama ini pertanian banyak dijalankan sebagian besar masyarakat Bantul.

Ditambahkan, dengan bantuan itu diharapkan akan menumbuhkan minat generasi muda untuk terjun disektor pertanian. “Karena sampai saat ini perhatian pemerintah termasuk pemerintah daerah sangat besar,” sambung Yus Warseno.

Sementara Bupati Bantul, H Abdul Halim Muslih menyatakan, ke depan sektor pertanian menghadapi tantangan berat. Selain cuaca yang berubah-ubah, saat ini harga alsintan maupun pupuk tergolong sangat mahal.

Apalagi harga jual hasil pertanian saat panen raya sangat murah. “Ini menjadi dilema yang dihadapi petani kita. Untuk itu dengan bantuan alsintan setidaknya akan mengurangi biaya menggarap lahan pertanian dapat ditekan karena memiliki alat sendiri,” tegas Halim. (Usa)

Read previous post:
KM Asia Makmur Terbakar di Pelabuhan Juwana

PATI (MERAPI) - Kapal Motor Asia Makmur Rejeki 05 milik Suwito terbakar saat bersandar di Pos Pelabuhan Juwana II desa

Close