Bulan Puasa Wisatawan Bantul Turun Drastis

BANTUL (MERAPI) – Selama sekitar tiga pekan bulan Ramadan, kunjungan wisatawan ke obyek wisata di Kabupaten Bantul terus mengalami penurunan. Bahkan jumlah kunjungan wisatawan turun drastis mencapai 80 persen pada pekan ketiga bulan Ramadan.

Kepala Seksi Promosi dan Pelayanan Informasi Wisata Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Bantul, Markus Purnomo Adi SE mengatakan, penurunan wisatawan karena banyak masyarakat menjalankan ibadah puasa. Hal itu membuat kunjungan mengalami penurunan.

“Pada pekan pertama, kunjungan mengalami penurunan. Selanjut pada pekan kedua sempat naik tetapi turun lagi pada pekan ketiga,” ujar Ipung, panggilan bagi Markus Purnomo Adi kepada wartawan, Senin (3/5).

Disebutkan, dalam pekan pertama Ramadan wisata mencapai 14.083 orang dengan pendapatan sebesar Rp 136.357.250. Jumlah ini turun 70 persen bila dibanding sepekan sebelum Ramadan.

Tetapi pada pekan kedua Ramadan sempat mengalami peningkatan dengan kunjungan 14.996 orang. Dari jumlah ini didapatkan pendapatan Rp 145.543.000. Selanjutnya penurunan kunjungan terbanyak terjadi pada pekan ketiga dengan jumlah kunjungan sebanyak 9.212 orang dengan pendapatan Rp 89.109.000.

“Rata-rata penurunan jumlah wisatawan saat Ramadan antara 68 persen sampai 80 persen. Penurunan paling banyak terjadi pada pekan ketika Ramadan,” imbuh Ipung menjelaskan.

Kondisi sepinya jumlah wisatawan karena berbarengan dengan bulan puasa. Meski begitu jumlah wisatawan dipastikan akan pulih saat libur Lebaran. Tetapi libur Lebaran dipastikan tidak ramai seperti tahun-tahun sebelumnya karena adanya larangan mudik. (Usa)

Read previous post:
Pengunjung Pasar dan Swalayan Mulai Padat

WONOSARI (MERAPI)–Kepadatan pengunjung pasar dan tempat perbelanjaan di Kabupaten Gunungkidul mulai terlihat pada H-10 dan terbanyak hendak membeli kebutuhan pokok

Close