Gojek Perkuat Bantul Jadi Kabupaten Cerdas

MERAPI-YUSRON MUSTAQIM
Penandatanganan MoU atau kerjasama Gojek dengan Pemkab Bantul

SEWON (MERAPI) – Gojek sebagai SuperApp terdepan di Asia Tenggara melakukan penandatanganan kerjasama atau MoU dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul di Hotel Ros Inn Jalan Ring-road Selatan Sewon Bantul, Selasa (27/4) petang. Kerja sama ini untuk memperkuat Bantul menjadi kabupaten cerdas dengan pemberdayaan ekonomi digital.

Asisten II Bagian Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Bantul, Bambang Guritno SH menyambut baik langkah kerjasama ini. Karena hal ini sejalan dengan upaya pemulihan ekonomi Kabupaten Bantul di masa pandemi Covid-19.

“Kerjasama ini sebagai komitmen Pemkab Bantul untuk percepatan pembangunan berbasis digital. Gojek dengan ekosistem lengkap untuk keberlangsungan pendapatan UKM dan solusi pembayaran non-tunai diharapkan dapat membantu merealisasikan Bantul sebagai kabupaten cerdas yang mengikuti perkembangan zaman di era digitalisasi,” ujar Bambang Guritno disela-sela acara.

Untuk itu, dalam kerjasama ini sebagai salah satu perwujudannya berupa kemitraan bersama Pemkab Bantul untuk membantu keberlangsungan pendapatan ribuan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), pariwisata, transportasi dan penyediaan kanal pembayaran untuk peningkatan pendapatan asli daerah Bantul dengan memanfaatkan solusi teknologi dan non teknologi yang dihadirkan oleh Gojek.

Salah satu upaya yang dilakukan Gojek dan Pemkab Bantul adalah dengan memudahkan UMKM go digital pada setiap langkah operasional bisnis sehari-hari. Mulai dari pemasaran, pemesanan (pemrosesan order), pembayaran, pengiriman hingga administrasi. Ragam solusi digital dalam inisiatif Melaju Bersama Gojek dirancang secara khusus untuk menjawab kebutuhan UMKM dari seluruh skala dan lini usaha.

Sementara District Head Gojek Yogyakarta, Ridzky Novasandro mengatakan, sebagai super app karya anak bangsa, Gojek juga mendukung upaya Pemkab Bantul menjadi kabupaten cerdas atau Smart Regency melalui pemanfaatan ekosistem Gojek untuk pelayanan kepada masyarakat.
“Bagi kami keamanan dan kenyaman adalah prioritas utama. Dimasa pandemi aktivitas yang menggunakan digitalisasi menjadi utama bagi masyarakat dalam mengakses suatu kebutuhan. Hal itu dapat dirasakan dengan banyaknya pelayanan yang berbasis digital maupun online, semua layanan Gojek dapat diakses dari rumah tanpa harus ke luar rumah,” lanjut Ridzky menjelaskan.

Diakui, ketahanan ekonomi selama pandemi COVID-19 di Kabupaten Bantul diharapkan mampu didukung oleh keberadaan ekosistem ekonomi digital yang dimiliki Gojek. Solusi teknologi dan non-teknologi yang ditawarkan platform digital Gojek membantu pelaku UMKM beradaptasi sehingga bisa bangkit di situasi pandemi Covid-19, dan membantu masyarakat untuk beradaptasi dengan kebiasaan baru. (Usa)

Read previous post:
PDAM dan Bank Sleman Bantu Mobil Ambulans

SLEMAN (MERAPI) - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Sleman dan Bank Sleman melakukan penandatanganan kerja sama pengadaan bantuan mobil ambulans

Close