AHM-JP Penuhi Janji Bantuan Dusun Rp 50 Juta

MERAPI-YUSRON MUSTAQIM
Bupati dan Wakil Bupati Bantul, H Abdul Halim Muslih dan Joko Purnomo saat melakukan pertemuan dengan panewu dan lurah di Rumah Dinas Bupati Bantul

BANTUL (MERAPI) – Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Bantul, H Abdul Halim Muslih dan Joko Purnomo (AHM-JP) siap untuk merealisasikan janjinya dalam kampanye untuk memberikan bantuan Rp 50 juta per dusun per tahun. Dari sebanyak 933 dusun atau pedukuhan pihaknya akan menganggarkan dana APBD Bantul mencapai Rp 46,6 miliar lebih.

“Program pemberdayaan masyarakat berbasis pedukuhan ini sebagai janji politik kami saat melakukan kampanye. Untuk menyiapkan hal itu kami mengumpulkan panewu maupun lurah berembug merealisasikan bantuan ini,” ujar Halim disela-sela menggelar pertemuan dengan lurah di Bangsal Rumah Dinas Bupati Bantul, Jumat (5/3).

Selian menjaring aspirasi panewu maupun lurah, Halim akan menerbitkan Peraturan Bupati sebagai payung hukum pelaksanaan program tersebut. Dengan membuat koridor hukum diharapkan bantuan dapat terlaksana dengan baik.

Tetapi untuk bantuan dusun tersebut baru dapat direalisasikan pada tahun 2022. Karena anggaran tahun 2021 telah disahkan pada tahun 2020 sebelum keduanya memimpikan Kabupaten Bantul.

Diharapkan, dengan batuan tersebut akan mempercepat pembangunan di tingkat dusun atau pedukuhan. Untuk itu bantuan tersebut agar difokuskan untuk pembangunan di bidang pendidikan anak usia dini, peningkatan sarana posyandu, pelestarian lingkungan serta rehabilitasi fasilitas pedukuhan yang rusak.

Untuk itu Halim miminta kerja sama yang baik para lurah agar kampung dan pedukuhan lebih sehat, aman dan anak-anak lebih cerdas. Lurah memiliki tugas mengarahkan dukuh agar melaksanakan musyawarah dusun (musdus) untuk memanfaatkan bantuan tersebut sehingga terjadi percepatan dan pemerataan pembangunan.

Sementara Wakil Bupati, Joko Purnomo mengajak panewu dan lurah untuk membangun Bantul. Untuk itu APBD agar digunakan sebesar-besarnya untuk kepentingan masyarakat. “Penewu dan lurah merupak bagian penting dalam pemerintahan daerah sehingga kami berharap dapat membantu menyukseskan program ini,” teganya. (Usa)

Read previous post:
Desa Bejiharjo Peroleh BKK

KARANGMOJO (MERAPI) - Dinas Pariwisata DIY memberikan bantuan keuangan khusus sebesar Rp1 miliar kepada Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul,

Close