Menkes Apresiasi Penanganan Pasien Covid-19 di Bantul

MERAPI-YUSRON MUSTAQIM
Menkes RI, Ir Budi Gunadi Sadikin CHFC CLU (tengah) saat kunjungan kerja ke Puskesmas Bambanglipuro Bantul.

BAMBANGLIPURO (MERAPI) – Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Ir Budi Gunadi Sadikin CHFC CLU mengapresiasi penanganan kasus Covid-19 di Kabupaten Bantul. Menurutnya selama setahun pandemi, upaya penanganan terutama pasien positif menunjukkan hasil cukup baik.

Untuk itu, Budi mengajak untuk menyukseskan upaya penekanan laju penyebaran Covid-19 dengan strategi 3T yakni testing (pemeriksaan), tracing (pelacakan) dan treatment (perawatan). Saat ini Kemenkes RI terus mengkampanyekan 3T sampai diperintah lapis bawah. Langkah ini sangat efektif untuk menekan laju penyebaran virus Corona.

“Strategi ini bertujuan untuk mengurangi penularan virus Covid-19. Sehingga ketika ditemukan kasus positif Covid-19 harus diidentifikasi dan diisolasi. Hal ini dilakukan agar penularannya tidak meluas,” ujar Ir Budi Gunadi Sadikin disela-sela kunjungan ke Puskesmas Bambanglipuro Bantul, Senin (1/3).

Dalam menekan laju penularan Covid-19 perlu dilakukan kerjasama antara puskesmas, Babinsa dan Babinkamtibmas dengan dukungan masyarakat. Karena petugas Babinsa dan Babinkamtibmas merupakan aparat yang langsung bersinggungan dengan masyarakat sehingga dipastikannya mengetahui kondisi masyarakat.

Langkah cepat yang dilakukan dengan strategi 3T dapat segera menangani masyarakat yang terpapar Covid-19 dan segera dapat penanganan lebih lanjut. Melalui pengobatan sejak dini memungkinkan akan mengurangi potensi penularan ke orang lain.

“Kalau ada satu orang yang kena Covid-19 jagan sampai menular ke orang lain. Semisal kalau ada dua orang kena dan hanya menular satu orang dipastikan kasus Covid-19 akan turun,” lanjut Ir Budi menjelaskan.

Selain strategi 3T, pemberian vaksin dan penerapan protokol kesehatan sangat penting agar virus Covid-19 tidak meluas. Meski virus akan mati dan hilang dalam jangka waktu 14 hari masyarakat diharapkan jangan sampai lengah dan terkena. Karena siapapun berpotensi bisa tertular virus Covid-19. (Usa)

Read previous post:
Petani Tembakau Terapkan Semai Mandiri Tembakau

TEMANGGUNG (MERAPI) - Petani tembakau lereng Gunung Sindoro memilih semai benih secara mandiri guna mendapatkan kualitas yang diinginkan terutama tembakau

Close