Dinkes Lakukan Swab PCR Massal Bagi ASN

MERAPI-YUSRON MUSTAQIM
Petugas Dinkes Bantul saat melakukan pemeriksaan swab PCR

BANTUL (MERAPI) – Menyusul banyaknya Aparatur Sipil Negara (ASN) di sebuah OPD yang terpapar Covid-19, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bantul langsung mengadakan swab PCR bagi ASN.

Bahkan untuk mempercepat pelaksanaan swab PCR, Dinkes Bantul menggandeng Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Yogyakarta.

“Dalam swab massal kami targetkan dapat diikuti 300 ASN agar dapat diketahui hasilnya dan dilakukan penanganan,” ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bantul, dr Sri Wahyu Joko Santosa kepada wartawan, Rabu (24/2).

Tetapi sampai siang hari sudah ada 170 ASN mendaftar. Jumlah tersebut dipastikan bisa meningkat karena antusiasme ASN cukup tinggi. Untuk pelaksanaan swab PCR tidak hanya dilakukan untuk satu OPD tetapi beberapa OPD lain.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul, Agus Budi Raharja SKM MKes menambahkan, digandengnya BBTKLPP karena memiliki mobil laboratorium bergerak surveilans berkapasitas besar. Hal ini tentu akan mempercepat pemeriksaan.

“Untuk Dinkes Bantul sendiri sebenarnya juga memiliki mobil laboratorium. Tetapi hanya 50 sekali pemeriksaan. Kalau milik BBTKLPP bisa melakukan 100 sekali periksa,” tegasnya. (Usa)

Read previous post:
Jika Banjir Lahar, Warga Lereng Merapi Sudah Siap

SLEMAN (MERAPI) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman menyebutkan bahwa warga lereng Gunung Merapi di wilayah Sleman sudah

Close