Dinkes Kukuhkan Srikandi Sehat

MERAPI-YUSRON MUSTAQIM
Dua perwakilan Srikandi Sehat Bantul secara simbolis dikukuhkan oleh Dinkes Bantul

BANTUL (MERAPI) – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bantul mengukuhkan Srikandi Sehat Kabupaten Bantul di Aula Dinkes Bantul, Kamis (12/11). Pengukuhan Srikandi Sehat dilakukan untuk mengatasinya persoalkan angka kematian ibu (AKI) di Bantul yang semakin meningkat.

“Saat ini kami mengukuhkan Srikandi Sehat sebagai kader kesehatan yang akan terjun langsung di masyarakat untuk mengawasi ibu hamil yang ada di Bantul. Para kader Srikandi Sehat akan berupaya mengatasi angka kematian ibu,” ujar Kepala Dinkes Bantul, Agus Budi Raharja SKM MKes kepada wartawan disela-sela peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-35.

Diketahui, jumlah AKI di Bantul pada tahun ini meningkat dibanding tahun sebelumnya. Untuk tahun 2019 lalu AKI di Bantul mencapai 14 kasus. Jumlah ini meningkat menjadi 17 kasus sampai awal November 2020. Bahkan jumlah iki kemungkinan akan bertambah hingga akhir Desember 2020.

Untuk itu, Dinkes Bantul telah membentuk Srikandi Sehat di 75 desa di Kabupaten Bantul. Untuk setiap desa telah dibentuk 3 orang Srikandi Sehat. Sehingga total kader Srikandi Srikandi di Kabupaten Bantul mencapai 225 orang.

“Dengan adanya Srikandi Sehat, dinkes berharap dapat mewujudkan masyarakat sehat terutama saat masa pandemi Covid-19. Adanya pandemi diharapkan ada inovasi melalui upaya kesehatan dengan gerakan masyarakat sehat,” tegas Agus.

Sementara Kepala Seksi Promosi Kesehatan (Promkes) Dinkes Bantul, Karjiyem MKes menambahkan, tugas Srikandi Kesehatan tidak hanya bertugas mendata ibu hamil. Tetapi juga harus menjaga ibu hamil dan ibu nifas di wilayahnya masing-masing.

“Sehingga ketika terjadi masalah kesehatan segera dapat dilaporkan dan diatasi. Hal ini dapat mencegah terjadinya AKI yang saat ini mengalami kenaikan,” tegas Karjiyem. (Usa)

Read previous post:
KEPALA DUKUH CAWAN DILANTIK: Tingkatkan SDM dan Kembangkan Wisata Praon Cawan

SEDAYU (MERAPI) - Penjabat (Pj) Lurah Desa Argodadi Kecamatan Sedayu, Agus Eka Raharja melantik Hanu Lingga Pratama sebagai Kepala Dukuh

Close