KPU Pastikan KPPS Bebas Covid-19

BANTUL (MERAPI) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bantul memastikan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) bebas dari virus Corona atau Covid-19 dalam Pilkada Bantul 2020. Hal itu dilakukan untuk memberikan rasa aman bagi masyarakat yang hendak menggunakan hak pilihnya.
Ketua KPU Bantul, Didik Joko Nugroho mengatakan, KPU telah menjadwalkan rapid test sesuai PKPU Nomor 13 tahun 2020 untuk KPPS. “Untuk pelaksanaan rapid test kami sudah melakukan koordinasi dengan Dinkes Bantul. Rencana awal rapid test akan dilaksanakan pada 10-23 November mendatang,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (20/10).

Disebutkan, pelaksana rapid test dilakukan untuk memastikan KPPS yang akan bertugas terbebas dari Covid-19. Selain itu langkah ini sebagai deteksi dini sekaligus untuk memutus rantai virus Corona ditengah pandemi saat ini.
Sebelum mengagendakan rapid test, KPU Bantul sebelumnya telah memperpanjang pendaftaran KPPS. Hal itu dikarenakan terjadi kendala soal pemberkasan yang belum lengkap maupun pendaftar yang tidak sesuai dengan tes kesehatan.

Hingga penutup pendaftaran KPPS tercatat total pendaftar sebanyak 14.595 orang. Tahap selanjutnya akan dilakukan verifikasi administrasi dan wawancara. Langkah ini untuk memastikan kualitas dan integritas calon KPPS apakah sesuai dengan persyaratan yang ditentukan atau tidak.
Selain itu, sampai saat ini tahapan Pilkada Bantul 2020 selanjutnya, pihaknya tengah memasuki persiapan debat untuk pasangan calon bupati dan wakil bupati. Direncanakan untuk debat akan dilaksanakan sebanyak tiga kali yakni 28 Oktober, 4 dan 11 November 2020. (Usa)

Read previous post:
Dispar Gunungkidul Optimis Target PAD Terpenuhi

WONOSARI (MERAPI)– Kepla Dinas Pariwisata Gunungkidul Ir Asti Wijayanti optimis meskipun sektor wisata terdampak pandemi Covid-19 , namun Pendapatan Asli

Close