H WASDIYANTO SSI: Satukan Visi Perdes, Tingkatkan Ekonomi Produktif

MERAPI-ISTIMEWA
H Wasdiyanto SSi.

PANDAK (MERAPI) – Peningkatan ekonomi menjadi prioritas utama apabila akan mensejahterakan warganya. Apalagi ditengah pandemi Covid-19, sangat berdampak pada pendapatan masyarakat menjadi turun drastis. Termasuk pengurangan tenaga kerja oleh perusahaan, menjadikan mata pencaharian mereka hilang.

Situasi ini harus segera disikapi dengan cepat dan tepat agar perekonomian masyarakat tidak semakin terpuruk yang berujung pada meningkatnya angka kemiskinan dan jumlah pengangguran terus bertambah.
“Dampak pandemi Covid-19 ini dirasakan oleh semua pihak. Tapi kita jangan pasrah dan berpangku tangan menerima kenyataan. Kita harus bangkit dengan menggali potensi yang ada baik alam maupun sumberdaya manusianya,” kata H Wasdiyanto SSi, Calon Lurah Desa Caturharjo, Pandak, di kediamannya, Sabtu (12/9).

Dijelaskan, mengembangkan ekonomi produktif menjadi salah satu kunci meningkatkan ekonomi masyarakat. Apalagi, sektor ini telah dimulai oleh warga dengan sekitar dengan membuka usaha kuliner maupun makanan ringan. Jika pemerintah desa memfasilitasi, usaha kecil ini dapat berkembang dengan pesat.

Warga Dusun Tegalayang ini mengungkapkan, di wilayah Desa Caturharjo telah tumbuh warung kuliner berupa 12 warung bakmi. Begitu juga usaha makanan wingko sudah terkenal hingga luar wilayah Caturharjo.
“Desa Caturharjo berada di jalur menuju bandara internasional Kabupaten Kulonprogo. Lokasi ini menjadi sangat strategis untuk menunjang ekonomi produktif warga,” tegasnya.

Keberadaan usaha kecil harus dipacu agar cepat berkambang. Peran pemerintah desa menjadi sangat penting terutama memfasilitasi akses permodalan hingga pemasaran.
“Kehadiran desa sangat berarti khususnya dalam menjembatani antara perbankan dengan perajin,” ujarnya.

Untuk mewujudkankan harapan itu, Wasdiyanto siap mewujudkan dengan mengikuti bursa Pemilihan Lurah Desa (Pilurdes) yang akan dilaksanakan 27 Desember 2020 mendatang. Pengalaman sebagai seorang wirausaha pengusaha kontruksi dan rental mobil UD Dua Dara itu menjadi modal dasar untuk menjadi pemimpin di desanya.

Di sisi lain, suami dari Hj Siti Wakhidah SE ingin memberikan pelayanan lebih maksimal kepada masyarakat sekaligus pemberahan di lingkungan kantor merupakan tujuan dan harapanya.
“Apabila diberi amanat oleh masyarakat, saya akan memberi pelayanan yang terbaik kepada masyarakat dan mencari terobosan untuk membangun desa tercinta lebih baik, maju dan sejahtera. Ambulans LazizMu yang saya miliki untuk melayani warga secara gratis adalah bukti pengabdian tanpa pamrih,” pungkasnya. (C-7)

Read previous post:
2 PELAKU BERAKSI DI JATENG-DIY-Pengutil Spesialis Pengunjung Mal Kepergok Korban

Close