HUT KE-73 DESA RINGINHARJO: Tingkatkan Kesejahteraan, Angkat Potensi Wisata dan Kuliner

MERAPI-PURWANTININGSIH  Erwin Nizar menyerahkan kendaraan roda tiga bantuan Gandung Pardiman kepada Sulistyo Atmaji.
MERAPI-PURWANTININGSIH
Erwin Nizar menyerahkan kendaraan roda tiga bantuan Gandung Pardiman kepada Sulistyo Atmaji.

BANTUL (MERAPI) – Memasuki usianya yang ke-73, Desa Ringinharjo, Kecamatan Bantul akan terus berbenah dan menggali potensi alam dan sumberdaya manusia. Langkah tersebut akan dilakukan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Hal ini disampaikan Lurah Desa Ringinharjo, Sulistyo Atmaji saat menggelar upacara dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Desa Ringinharjo dilapangan desa setempat, Minggu (15/12).

Acara tersebut dimeriahkan 7 bregodo yang berasal dari 6 bregodo masing-masing padukuhan yaitu Padukuhan Bantul Karang, Gumuk, Deresan, Mandingan, Gemahan dan Soropaten. Sedangkan 1 bregodo dari pemerintah desa. Ke 7 bregodo tersebut membawa bermacam hasil bumi sebagai bentuk wujud syukur kepada Tuhan yang telah memberikan panen dan rejeki melimpah.

Dijelaskan Sulistyo, sektor pertanian masih jadi potensi unggulan bagi warganya. Selain itu industri kuliner seperti tempe benguk dan tempe koro akan terus di kembangkan untuk menambah penghasilan bagi masyarakat Ringinharjo.

Di sisi lain, untuk Pendapatan Asli Desa (PADes) yang masih rendah, pada tahun 2020 Desa Ringinharjo akan membangun desa wisata di Padukuhan Gemahan. Program tersebut diharapkan dapat menjadi salah satu potensi andalan sektor pariwisata yang berdampak pula pada meningkatnya pendapatan masyarakat.

“Tahun 2020 kami akan membangun desa wisata untuk meningkatkan perekonomian warga sekaligus menjadi sumber penghasilan PADes,” imbuhnya.

Bupati Bantul, Suharsono dalam sambutannya yang dibacakan Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Sunarto berharap, usia yang ke-73 dapat semakin dewasa dan mampu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.
“Dengang bertambahya usia, Desa Ringinharjo harus bertambah maju dan terus melestarikan kesenian dan kebudayaan yang sudah ada,” pintanya.

Pada puncak acara, Anggota DPR RI dari Partai Golkar, Drs Gandung Pardiman diwakili Erwin Nizar menyerahkan kedaraan roda tiga yang di terima langsung oleh Sulistyo Atmaji. Selain itu juga menyerahkan bantuan sejumlah uang kepada panitia hari jadi Desa Ringinharjo, Karang Taruna, PKK Desa Ringinharjo dan kelompok ternak Industri Makmur masing-masing Rp 5 juta. (C-7)

Read previous post:
Masyarakat Boleh Pangkas Dahan yang Membahayakan

SLEMAN (MERAPI) - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sleman mempersilakan masyarakat melakukan pemangkasan dahan pada pohon perindang jalan secara mandiri,

Close