Koperasi Ideal Berbasis Kolaborasi Multipihak

BANTUL (HARIAN MERAPI) – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) bekerjasama dengan International Cooperative Alliance (ICA) Asia-Pacific menggelar seminar bertajuk New Model of Cooperative in Indonesia, Kamis (8/8), di kampus I UMBY Jalan Wates Bantul.

Seminar yang dibuka oleh Wakil Rektor I UMBY Dr Ir Bayu Kanetro MP ini menghadirkan pembicara guest speakers dari International Cooperative Alliance (ICA) Asia-Pasifik Mr Ivjyot Singh dan Ms Simren Singh. Tak ketinggalan, Firdaus Putra HC dari komite Indonesian Consortium of Cooperative Innovation (ICCI) . Dalam sambutannya, Bayu Kanetro antara lain menyebutkan, UMBY memiliki beberapa program unggulan dalam pemberdayaan masyarakat, di antaranya melalui pengembangan koperasi dan UMKM.

“Salah satunya dilakukan melalui KKN Sekolah Pasar, yang secara rutin dilakukan dengan menerjunkan mahasiswa di pasar-pasar tradisional,” kata Bayu.

Sementara itu menurut Kepala LPPM UMBY Awan Santosa SE MSc, koperasi saat ini masih identik dengan simpan pinjam, sehingga tidak menarik bagi sebagian besar generasi milenial. Untuk itu perlu terobosan baru untuk meremajakan koperasi, sehingga bisa juga menyesuaikan perubahan jaman. Beberapa agenda penting untuk itu, misalnya pengembangan model-model baru koperasi, yang berbasis teknologi informasi dan generasi kekinian serta kolaborasi dengan multipihak.

“Seperti halnya UMBY berkolaborasi dengan Mubyarto Institute sudah menginisiasi koperasi model baru tersebut, antara lain melalui perintisan koperasi multipihak oleh dosen, peneliti, aktivis dan mahasiswa bersama buruh informal paperbag bernama Trini Karya di Dusun Trini Gamping dan bersama para pedagang pasar tradisonal di beberapa pasar di Sleman, Klaten, dan Purworejo,” urai Awan.

Sedangkan Mr Ivjyot memaparkan, bahwa koperasi model baru ke depan adalah koperasi yang bertumpu pada kewirausahaan generasi muda yang bergerak dalam skala global serta bisa kolaborasi multipihak. Untuk itu ICA Asia Pasifik secara khusus mendorong berkembangnya campus cooperative yang akan mengkolaborasikan kampus melalui riset tematik pemuda dan koperasinya dengan multipihak. (Yan)

Read previous post:
Jemaah Tarwiyah Menuju Mina, Hari Ini Jemaah Haji Berangsur Digeser ke Arafah

MAKKAH (MERAPI)- Secara berangsur, jemaah haji yang mengambil sunah Tarwiyah mulai bergerak ke Mina, Kamis (8/8) siang waktu Arab Saudi.

Close