AMBLAS AKIBAT BADAI CEMPAKA 2017 – Jembatan Gangin Segera Dibangun

MERAPI-ANTARA/HERY SIDIK Kepala BPBD Bantul Dwi Daryanto.
MERAPI-ANTARA/HERY SIDIK
Kepala BPBD Bantul Dwi Daryanto.

KASIHAN (MERAPI) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)Kabupaten Bantul segera merealisasikan rencana pembangunan kembali jembatan di Jalan Raya Bibis-Gangin Tamantirto, Kasihan yang amblas diterjang banjir pada 2017. “Insya Allah usai Lebaran ini sudah kita realisasikan pembangunan jembatan Gangin Kasihan, selesai (pekerjaan jembatan) kurang lebih selama 120 hari,” kata Kepala BPBD Bantul Dwi Daryanto di Bantul, Selasa (18/6).

Proses pembangunan jembatan yang amblas diterjang banjir akibat badai Cempaka 2017 itu akan dibangun secara permanen, dengan lebar menjadi lima meter dan panjang 30 meter pada Juni 2019 ini. Dia menjelaskan, sumber anggaran untuk pembangunan jembatan tersebut bersumber dari dana siap pakai pemerintah pusat yang terdapat di Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebesar Rp 2,5 miliar.

Saat ini pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) DIY sebagai pihak yang berwenang melakukan tugas pengawasan terhadap realisasi dana dari pusat tersebut. “Kami baru saja koordinasi dan konsultasi dengan BPKP, bagaimana sebaiknya proses pelaksanaannya kegiatan pembangunannya supaya tidak menyalahi kaidah-kaidah aturan,” katanya dilansir Antara.

Dwi juga mengatakan, dalam pertemuan itu juga dibahas mengenai ‘review’ anggaran karena pengajuan anggaran dari BPBD Bantul untuk membangun jembatan tersebut sudah dua tahun lalu yang tentu berbeda dengan sekarang terutama pada Rencana Anggaran Belanja (RAB).

“Kita ‘review’ terkait dengan RAB-nya. Agar sesuai dengan kondisi saat ini sehingga semuanya bisa kita laksanakan dengan baik. Kalau nominal tetap dan yang direview hal-hal teknis pembangunan jembatanya,” tegasnya. (*)

Read previous post:
JAPFA GM & WGM CHESS TOURNAMENT 2019 – Ummi Fisabillah Pastikan Raih Norma WIM

YOGYA (MERAPI) - Pecatur Indonesia WFM Ummi Fisabillah (2201) memastikan meraih norma Woman International Master (WIM) kedua setelah menambah setengah

Close