PERINGATAN HUT KE-73 RI – Warga Karangbendo Gelar Kirab Budaya

MERAPI-NOOR RIZKA Pementasan Ramayana dalam Kirab Budaya RT 12 RW 05 Karangbendo Banguntapan Bantul dalam rangka HUT RI.
MERAPI-NOOR RIZKA
Pementasan Ramayana dalam Kirab Budaya RT 12 RW 05 Karangbendo Banguntapan Bantul dalam rangka HUT RI.

BANTUL (MERAPI) – Dalam rangka peringatan HUT ke-73 RI, warga RT 12 RW 05 Karangbendo Banguntapan Bantul menggelar kirab budaya bertema “Ramayana”, Minggu (19/8) siang. Acara tersebut juga dimeriahkan grebeg gunungan hasil bumi, sebagai simbol syukur kepada sang pencipta.

Kepala Dukuh Karangbendo Siti Sujarah Banun disela-sela acara mengapresiasi acara yang dilaksanakan tingkat RT ini. Seluruh warga semarak memeriahkan HUT RI ke-73, sekaligus nguri-uri budaya.

“Saya sangat mengapresiasi acara yang digagas tingkat RT ini. Semoga kedepan diikuti oleh RT lain dan tingkat pedukuhan serta menjadi agenda rutin tahunan,” ujarnya.

Poin terpenting dalam kegiatan ini adalah melestarikan kebudayaan warisan leluhur yang hampir punah. Di tengah kemajuan zaman dan teknologi, sebagian generasi muda sudah enggan melirik kebudayaan warisan leluhur. Dengan adanya acara ini, diharapkan memupuk semangat pelestarian budaya oleh generasi muda.

“Nilai edukasinya adalah nguri-uri kebudayaan yang hampir punah, seperti wayang orang,” ujar kepala dukuh.

Sementara itu ketua panitia Nanang Tri Hadiyanto menambahkan, acara pertama adalah pementasan Ramayana, dilanjutkan kirab budaya, grebeg gunungan, kembul bujono dan terakhir pembagian doorprise.

Kirab sendiri diikuti oleh ratusan warga RT 12 RW 05 Karangbendo. Terdiri dari pasukan edan-edanan, pemain Ramayana, rombongan warga dengan dandanan tempo dulu, pembawa grebeg gunungan berisi hasil bumi dan terakhir pasukan bregodo.

“Kami berharap warga lebih kompak dan tidak lupa dengan budaya bangsa,” tandasnya. (Riz)

 

Read previous post:
MERAPI-SUKRO RIYADI Penyidik memintai keterangan kepada tersangka Ap.
27 Kali Lempar Kaca Mobil, Cah Klitih Disergap Polisi

BANTUL (MERAPI)- Petugas Polsek Kasihan, Bantul berhasil mengungkap kasus teror pelemparan batu yang dilakukan cah klitih, Sabtu (18/8). Dua orang

Close