Tes Antigen di Perbatasan DIY, 3 Pengendara Reaktif Covid-19

TEMPEL (MERAPI)- Sebagai upaya menekan penyebaran virus Covid-19, aparat Satlantas Polres Sleman melaksanakan razia sekaligus rapid tes antigen acak kepada pengendara yang akan keluar dari wilayah Yogyakarta, Senin (17/5). Hasilnya, tiga orang reaktif corona. Mereka diketahui hendak keluar Yogya.
Kasatlantas Polres Sleman AKP Anang Tri Novian mengatakan, swab antigen dilakukan acak. Secara khusus menyasar pengendara yang belum memiliki surat keterangan bebas Covid-19, baik kepada pengendara roda 2 maupun roda 4.
“Langkah ini dilakukan sebagai antisipasi penyebaran Covid-19 oleh para pelaku perjalanan. Yang keluar maupun masuk wilayah Yogyakarta,” ujar AKP Anang.

Swab antigen acak, ujar Anang, digelar di pintu perbatasan Tempel dengan Magelang Jawa Tengah sejak Minggu (16/5). Sebelumnya uji kesehatan bebas Covid-19 ini berlangsung di pos penyekatan Prambanan.
Berdasarkan data, dia menjelaskan, ada 3 pengendara yang positif terhadap swab antigen. Tepatnya 2 pengendara terjaring di pos penyekatan Prambanan dan 1 pengendara di pos penyekatan Tempel.
Setelah temuan kasus itu, pihaknya lantas berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Sleman. “Kemarin yang di Prambanan ditangani ke RS Bhayangkara. Itu semua (pengendara reaktif antigen) yang mau keluar dari Yogyakarta,” katanya.
Tak hanya kawasan perbatasan dengan Jawa Tengah, Satlantas Polres Sleman juga melakukan uji kesehatan di lokasi wisata, tepatnya objek wisata Kaliurang. Alasannya, tempat wisata ini juga berpotensi menciptakan kerumunan.

“Banyak orang datang dari berbagai wilayah. Sehingga kami lakukan swab antigen secara acak juga di sana,” jelasnya.
Sementara itu Kaur Bidang Operasional Satlantas Polres Sleman Ipda Hasan mengatakan, rapid tes antigen sudah dilakukan secara random sejak hari pertama Operasi Progo 2021 tepatnya Kamis (6/5) lalu.
“Sejak hari pertama digelar operasi, rapid test dilakukan terhadap 1.247 orang dan tiga orang di antaranya dinyatakan reaktif,” ungkapnya.
Ipda Hasan menambahkan, jumlah kendaraan yang diperiksa sejak hari pertama operasi sebanyak 18.794 unit. Sebanyak 7.404 kendaraan diputar balik, dengan rincian roda empat 3.608 unit, roda dua 416 unit dan mobil barang sebanyak 26 kendaraan.(Shn)

Read previous post:
Konsumsi Kapsul Kunir Putih, Dari Positif Covid Jadi Negatif

Sugeng siang Prof….Alhamdulillah, baru minum kunyit putih mangga dan temulawak dua hari, sudah negatif swab PCR saya, Prof…Luarbiasa! TESTIMONI pengguna

Close