DITANGKAP USAI MENYELINAP KE KANDANG-Warga Pergoki Ular Memangsa Ayam

DEPOK (MERAPI)- Ular berukuran besar tiba-tiba masuk kandang ayam milik Mahendro warga Tajem Maguwoharjo Depok Sleman, Selasa (4/5) sekitar pukul 04.00 WIB. Beruntung, ular tersebut bisa diamankan warga setempat.
Saat diamankan warga dibantu pemadam kebakaran (Damkar), reptil jenis sowo kembang itu sedang memakan ayam. Ular tersebut mempunyai panjang empat meter, dan bobot diperkirakan lebih dari 10 kilogram.
“Awalnya ada suara ‘keok-keok’ gitu, terus dicek. Ternyata, ayam dimakan ular. Ularnya sudah di dalam kandang, tetapi ayamnya sudah lepas dari gigitan ular itu,” kata Wiwing, salah seorang warga.

Mengetahui ada ular berukuran besar, ia meminta bantuan warga lain untuk menangkap. Ular Sowo itu sempat memberontak saat akan ditangkap, tapi banyaknya warga yang bersama-sama menangkap, membuat ular tak berkutik.
Setelah berhasil ditangkap, ular dimasukkan dalam kandang bambu dan menjadi tontonan warga. Setelah itu, ular dibawa oleh petugas Damkar, alasanya tidak ada warga yang mau memelihara meski sudah dipersilahkan.
Menurutnya, sekitar empat hari lalu ular jenis sama namun ukuran lebih kecil masuk ke kandang merpatinya. Namun beruntung, belum sempat memangsa, ular tersebut berhasil diamankan dan dipelihara warga.
Dijelaskan, kampungnya yang berlokasi dekat sungai dan perkebunan itu, sering ada ular yang berhasil ditangkap warga. Sejumlah warga pun menduga ular-ular itu berada di sungai, yang mungkin menjadi habitatnya.
“Sering ular dengan ukuran cukup besar muncul dan memangsa ternak, tapi berhasil ditangkap. Kemungkinan karena lokasinya dekat sungai,” pungkasnya.(Shn)

Read previous post:
Raih Impian Jadi ASN, KitaLulus Siapkan Beasiswa Rp 100 Juta

Close