POLRESTA YOGYA LUNCURKAN ‘DOLAN JOGJA’- Perpanjang SIM, Diantar Sampai Rumah

Secara simbolis Kombes Pol Purwadi Wahyu Anggoro menyerahkan SIM ke pemohon.(MERAPI-SAMENTO SIHONO)
Secara simbolis Kombes Pol Purwadi Wahyu Anggoro menyerahkan SIM ke pemohon.(MERAPI-SAMENTO SIHONO)

YOGYA (MERAPI)- Polresta Yogyakarta terus melakukan inovasi untuk memberikan layanan kemudahan kepada masyarakat. Salah satunya layanan Delivery Online Driving License in Yogyakarta (Dolan) Jogja.
Layanan tersebut diharapkan mampu mengurangi intensitas pertemuan pemohon perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Satpas Polresta Yogyakarta. Sehingga dapat memutus penyebaran Covid-19.
“Diharapkan Dolan Jogja atau layanan pengantaran SIM kepada pemohon perpanjangan kali ini dapat memberikan rasa nyaman masyarakat,” Kapolresta Yogyakarta Kombes Pol Purwadi Wahyu Anggoro, Jumat (23/4).
Dikatakan, selama ini banyak terjadi antrean panjang oleh pemohon perpanjangan SIM di Satpas Polresta Yogya. Sedangkan di tengah pandemi Covid-19 ini, masyarakat harus mengurangi intensitas pertemuan di ruang publik
Selain untuk mengurangi kerumunan, program ini diluncurkan agar para petugas Kepolisian dapat memberikan pelayanan yang maksimal ke masyarakat. Karena tidak semua pemohon SIM memiliki waktu mengurus.
“Tidak semua pemohon punya waktu yang cukup untuk antre foto. Dengan program ini, masyarakat hanya datang foto, kemudian pulang. Tak perlu menunggu antre,” ucapnya.
Setelah SIM selesai diproses, selanjutnya akan dikirim sesuai dengan alamat pemohon. Dalam program ini, pihak Polresta Yogyakarta menggandeng perusahaan jasa akomodasi Grab untuk mengirim SIM dari pemohon.
Mekanisme untuk mengakses layanan itu, pemohon harus terlebih dahulu melakukan registrasi, mengii formulir perpanjangan SIM secara online. Kemudian datang ke Satpas dengan membawa persyaratan lengkap.
Setelah itu pemohon dapat mengisi formulir dan estimasi biaya yang tercantum dan konfirmasi alamat pengiriman, selanjutnya pemohon SIM dapat meninggalkan Satpas. Kemudian SIM diantar lewat GrabExpress.
“Namun untuk biayanya ditanggung oleh pemohon, besarannya tergantung dengan jarak yang ditempuh,” katanya.
Kombes Purwadi menambahkan, layanan pengantaran SIM kepada pemohon baru tersedia di Satpas Polresta Yogyakarta.”Setahu saya baru ada di Satpas Polresta Yogyakarta, dari lima kabupaten/kota di Yogya,” tandasnya.
Manajer GrabExpress DIY-Jawa Tengah Bagus Aditya menambahkan, program kerja sama untuk pengiriman SIM baru dilakukan di Polresta Yogyakarta. Layanan ini diberikan untuk memudahkan masyarakat.
“Di era pandemi Covid-19 ini masyarakat terpaksa mengurangi kontak. Makanya ada layanan pengiriman SIM. Untuk wilayah DIY-Jateng ini baru ada di Polresta Yogyakarta,” pungkasnya.(Shn)

Read previous post:
Aji Sirep Mental

ADA berbagai cara dilakukan penjahat untuk membobol rumah korban. Salah satunya menggunakan aji sirep yang ditimbanya dari paranormal. Itulah yang

Close