KEJARI BANTUL MUSNAHKAN BARANG BUKTI KEJAHATAN-Narkoba Dibakar, Sajam Dipotong-potong, HP Dihancurkann

BANTUL (MERAPI) – Kejaksanaan Negeri (Kejari) Bantul melaksanakan pemusnahan barang bukti hasil kejahatan yang telah diputus pengadilan dan berkekuatan hukum tetap, Selasa (13/4).
Barang bukti tersebut terdiri dari pil koplo, sabu-sabu, ganja, tembakau gorila dan psikotropika. Selain itu, kejaksaaan juga memusnahkan senjata tajam, alat komunikasi serta senjata jenis soft gun dan ratusan minuman beralkohol.
“Barang-barang yang kami musnahkan tersebut merupakan barang bukti hasil kejahatan yang telah diputuskan pengadilan dan perkaranya telah berkekuatan hukum tetap,” ujar Kepala Kejaksaan (Kajari) Bantul, Suwandi SH, Selasa (13/4).

Disebutkan, barang bukti yang dimusnahkan terdiri dari psikotropika 685 butir, pil koplo 17.509 butir, sabu-sabu 162,19 gram, ganja 3,47 gram dan tembakau gorila 25,6 gram, senjata tajam 5 buah, alat komunikasi handphone 30 buah dan senjata pistol soft gun 1 buah.
Barang bukti yang dimusnahkan sebelum disita 69 perkara terdiri dari Narkotika 23 perkara, UU Kesehatan 33 perkara, Perjudian 1 perkara, Perikanan 1 perkara, UU Darurat 5 perkara, Penerbitan dan Percetakan 1 perkara, UU ITE 1 perkara, Pembunuhan 1 perkara dan Pencurian 3 perkara.
Dalam pemusnahan barang bukti seperti narkoba dan psikotropika maupun obat keras dilakukan dengan cara dibakar. Sementara untuk senjata tajam dan senjata api dipotong dengan alat pemotong. Untuk handphone dipukul dengan alat pemukul lalu minuman beralkohol dituang ke dalam saluran air hujan.
“Pemusnahan barang bukti tersebut dilakukan atas perintah majelis hakim dalam putusannya. Sehingga pemusnahan menjadi tugas jaksa setelah perkaranya selesai dan berkekuatan hukum,” jelasnya. (Usa)

Read previous post:
AMD Luncurkan AMD Ryzen™ 5000 Series dengan Efisiensi Daya Luar Biasa.

JAKARTA (HARIAN MERAPI) - AMD secara resmi meluncurkan AMD Ryzen™ 5000 Series Mobile Processor di Indonesia melalui www.ryzen5000-poweryournext.com untuk pasar

Close