Bisnis Pil Koplo, 3 Karyawan Kafe Ditangkap Polisi

WATES (MERAPI) – Peredaran narkoba di kalangan karyawan cafe berhasil dibongkar petugas Sat Res Narkoba Polres Kulonprogo. Tiga karyawan kafe yakni MIH (20), APH (19) dan ARD (25) berhasil dibekuk dengan barang bukti puluhan butir pil sapi. Dalam kasus ini, polisi juga mengamankan tersangka lain, TF (18).

KBO Sat Res Narkoba Polres Kulonprogo, Iptu Jatmiko menyampaikan, pengungkapan kasus ini bermula dari laporan masyarakat terkait peredaran obat terlarang di wilayah Kapanewon Nanggulan. Dari hasil penyelidikan, petugas berhasil mengamankan TF (18), warga Godean Sleman, saat sedang bertransaksi di Terminal Kenteng, Nanggulan, 20 Februari lalu sekira pukul 19.45 WIB. Dari tangannya, polisi mengamankan barang bukti berupa 10 butir pil bersimbol Y yang diduga Yarindo.
“Menurut keterangan TF, pil tersebut diperoleh dari MIH (20) warga Godean Sleman dengan harga Rp 35.000. Kami kemudian mengembangkan kasus ini dengan menangkap MIH,” kata Jatmiko dalam gelar perkara kasus peredaran narkoba di Mapolres Kulonprogo, Rabu (7/4).

Setelah dilakukan pemeriksaan terhadap MIH, terungkap bahwa 10 butir pil sapi yang dijualnya kepada TF berasal dari tersangka lain yakni APH (19) warga Godean Sleman. APH menjual 90 butir pil sapi kepada MIH, tiap 10 butir dihargai Rp 30.000.
Pengembangan kasus terus berlanjut dengan penangkapan APH. Kepada polisi, APH mengaku memperoleh barang dari ARD (25) warga Jetis, Kota Yogya. ARD menjual pil sapi kepada APH sebanyak 1 box berisi 100 butir dengan harga Rp 220.000.
“Obat terlarang itu diperoleh APH dari Ndoko yang saat ini menjadi DPO kami,” imbuh Jatmiko.
Diungkapkan Jatmiko, tiga tersangka dari kasus ini yakni MIH, APH dan ARD merupakan karyawan cafe. Sementara satu tersangka lainnya yakni TF tidak bekerja.
Total barang bukti yang diamankan polisi dalam kasus ini sebanyak 103 butir. Para tersangka dijerat Pasal 196 atau 197 Undang-Undang Kesehatan dengan ancaman hukuman 10 hingga 15 tahun penjara. (Unt)

Read previous post:
Dika Berulangkali Merampok untuk Cari Modal Belajar Ilmu Gaib

Close