Ratusan Orang Absen Vaksinasi Massal Dosis Kedua di Kota Yogya

DANUREJAN (MERAPI)- Masyarakat yang mengikuti vaksinasi massal Covid-19 dosis pertama di Kota Yogyakarta diimbau datang ke lokasi vaksinasi massal dosis kedua. Pasalnya pada hari pertama vaksinasi massal Covid-19 dosis kedua pada Senin (15/3), ada ratusan orang yang tidak hadir atau absen.
“Kami imbau warga yang tidak hadir vaksinasi dosis kedua, segera hadir di lokasi vaksinasi massal,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Emma Rahmi Aryani di sela memantau vaksinasi massal dosis kedua di Tempat Khusus Parkir (TKP) Abu Bakar Ali, Selasa (16/3).
Dia menyebut pada vaksinasi massal Covid-19 dosis kedua hari pertama Senin (15/3) total ada 2.055 orang yang hadir dan telah disuntik vaksin. Sebanyak 123 orang tidak hadir vaksinasi Covid-19 dosis kedua di TKP ABA dan 5 orang tidak hadir vaksinasi di Benteng Vredeburg. Selain itu ada 3 orang yang harus ditunda vaksinasi dosis kedua di Pasar Beringharjo.
“Pada hari pertama ada laporan kejadian ikutan pasca imunisasi (Kipi) di Pasar Beringharjo. Kipi ringan dan bisa ditangani Tim Kipi di lokasi,” imbuhnya.

Vaksinasi massal Covid-19 dosis kedua diadakan pada 15-20 Maret 2021 di TKP ABA, Pasar Beringharjo dan Benteng Vredeburg untuk pedagang, pekerja informal dan pengusaha di kawasan Malioboro dan Pasar Beringharjo. Vaksinasi massal dosis kedua ditujukan bagi yang telah mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 dosis pertama pada vaksinasi massal 1-6 Maret 2021.
“Segera hadir ke lokasi vaksinasi massal. Bawa kartu vaksin dan KTP. Setelah vaksinasi massal, penyuntikan vaksin Covid-19 dilayani di puskesmas manapun di Yogya,” ucap Emma.
Peserta vaksinasi massal Covid-19 dosis kedua diminta hadir pada hari yang sama dengan penyuntikan vaksinasi massal dosis pertama. Misalnya vaksin dosis pertama hari Rabu, maka pada dosis kedua juga datang di hari itu. Hal itu mempertimbangkan jeda vaksinasi dosis kedua setelah 14 hari dari penyuntikan dosis pertama bagi yang berusia 18-59 tahun.

“Minimal 14 hari. Lebih dari 14 hari tidak apa-apa. Yang penting jangan kurang dari 14 hari,” ujarnya.
Sedangkan bagi yang berusia di atas 60 tahun atau lanjut usia dan sudah mendapatkan suntikan dosis pertama vaksinasi massal pada 1-6 Maret 2021, penyuntikan dosis kedua dilaksanakan pada Sabtu 3 April 2021 di Benteng Vredeburg. Hal itu karena ketentuan penyuntikan vaksin Covid-19 dosis kedua untuk lansia, minimal 28 hari setelah penyuntikan vaksin pertama.
“Jumlah lansia yang ikut vaksinasi massal dosis pertama berkisar 600 sampai 700 orang. Penyuntikan dosis kedua dilaksanakan 3 April dijadikan satu lokasi di Benteng Vredeburg,” pungkas Emma.(Tri)

Read previous post:
BERKAS KASUS PENGANIAYAAN DINYATAKAN P21 -Korban Memaafkan, Proses Hukum Jalan Terus

BANTUL (MERAPI) - Kasus penganiayaan yang dilakukan tersangka Sdr alias Kadir terhadap seorang anak di bawah umur di wilayah Tamanan

Close