TERPIDANA MATI KASUS NARKOTIKA- Marry Jane Diboyong ke Lapas Perempuan Wonosari

Terpidana mati Marry Jane saat datang di Wonosari.(Merapi-Bambang Purwanto)
Terpidana mati Marry Jane saat datang di Wonosari.(Merapi-Bambang Purwanto)

WONOSARI (MERAPI) – Sebanyak 88 warga binaan Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas II A Yogyakarta dipindahkan ke Lapas Perempuan Kelas IIB Wonosari Rabu (10/3). Dari sebanyak 88 warga binaan terdapat satu orang terpidana hukuman mati atas kepemilikan narkotika jenis heroin 2,6 kilogram Ny Marry Jane warga kenegaraan Filipina. Kepala Divisi Permasyarakatan (Kadivpas) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DIY, Gusti Ayu mengatakan pemindahan warga binaan ini terkait dengan dimulai pengoperasionalan Lapas Perempuan Kelas IIB Wonosari. “Dari jumlah tersebut 40 persen di antaranya karena tersandung kasus narkotika,” katanya Kamis (9/3).

Dari seluruh warga binaan yang dipindahkan ke Wonosari, Gunungkidul tersebut terdapat 6 orang yang diketahui sebagai warga negara asing yang sudah menjalani hukuman di lapas selama ini dan rata-rata sudah menjalain hukuman sepertiga hingga seperempat hukuman yang ditetapkan. Meskipun beda kewarganegaraan, tetapi selama ini tidak ada perlakukan khusus bagi terpidana mati kasus kepemilikan narkotika tersebut. “Proses pemindahan dari Yogyakarta ke Wonosari berjalan lancar,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Lapas Perempuan Kelas IIB Wonosari, Ade Agustina mengatakan kapasitas lapas saat ini sebanyak 250 orang. Gedung permasyarakatan ini dilengkapi dengan CCTV dan 71 petugas yang menjaga pengamanan. Adapun warga binaan selama ini mendapatkan pelatihan dan pendampingan keterampilan seperti salon, kerajinan, jahit, catering, dan lainnya.Selama menjalani tahanan mereka tetap mendapatkan pelatihan keterampilan kerja. Sehingga mereka setelah keluar memiliki keahlian untuk mencari pekerjaan yang layak. Selain 88 warga binaan yang dipindahkan terdapat 1 bayi berusia 2 bulan yang juga ikut dipindahkan dan merupakan anak dari salah satu warga binaan yang terjerat kasus narkoba. (Pur)

Read previous post:
SETELAH SUKSES RAIH WBK- PT Yogya Siap Menuju WBBM

Suntoro Husodo SH MHum.(Merapi-Yusron Mustaqim) YOGYA (MERAPI) - Pengadilan Tinggi (PT) Yogyakarta siap menuju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) pada

Close